Nugraha, Gede Novantara (2018) Analisa Kelayakan Umur Pakai Minyak Pelumas Federal Oil Ultratec SAE 20W-50 Berdasarkan Viskositas Kinematik dan Total Base Number Pada Sepeda Motor Honda SupraX 125. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
Gede Novantara N-10211500000019.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Terdapat banyak sekali parameter untuk menentukan apakah suatu pelumas sepeda motor masih layak dipakai atau tidak. Akan tetapi, para pengguna sepeda motor pada umumnya hanya berpedoman pada jarak tempuh sepeda motor (2000 – 3000) km atau pada waktu pemakaian (2 – 3) bulan baru akan mengganti pelumas sepeda motornya. Hal tersebut direkomendasikan karena lebih efisien dan tidak menguras biaya untuk melakukan pengujian. Akan tetapi hal tersebut terkadang tidak diterapkan dengan baik ataupun dan tidak relevan. Maka dari itu perlu dilakukan pengujian berdasarkan viskositas kinematik dimana syarat kelayakan pakai pelumas adalah viskositas kinematik tidak boleh kurang 50% dari viskositas pelumas baru. Dan total base number tidak boleh kurang dari 2 mgKOH/gr.Pada tugas akhir kali ini akan dilakukan pengujian viskositas kinematik dan juga pengujian total base number dengan menggunakan variasi jarak tempuh 0 Km, 2500 Km, dan 3000 Km
Hasil pengujian memperlihatkan bahwa semakin panjang jarak yang ditempuh minyak pelumas mengalami penurunan viskositas kinematiknya dari 0 km yaitu 154,02 cSt turun 103,42 cSt pada 2500 km dan 90,36 cSt km pada 3000 km namun pada jarak 3000 km minyak pelumas tersebut belum mencapai kurang dari 50% dari viskositas kinematik minyak pelumas yang baru. Sama halnya dengan viskositas kinematik, total base number juga mengalami penurunan dari 0 km yaitu 8,79 mgKOH/g turun 5,12 mgKOH/g pada 2500 km dan 4,23mgKOH/g pada 3000km, dan di 3000 km nilai basanya masih diatas 2 mgKOH/g dan menurut perhitungan ekstrapolasi viskositas kinematiknya minyak pelumas kurang dari 50% viskositas kinematik minyak pelumas awalnya ketika jarak tempuh mencapai 3588 km dan nilai basanya kurang dari 2 ketika jarak tempuh mencapai 4264 km. =======================================================================================================
There are many parameters to determine whether a motorcycle lubricant is still feasible to use or not. However, motorcycle users are generally only guided by the distance of motorcycle (2000 - 3000) km or at the time of use (2 - 3) months, will replace the motorcycle lubricant. It is recommended because it is more efficient and does not cost the test. However, it is sometimes not applied properly or irrelevantly. Therefore, it is necessary to test based on kinematic viscosity wherein the requirement of lubricant use is kinematic viscosity should not be reduced 50% from new lubricant viscosity. And the total base number should not be less than 2 mgKOH / gr. In this final project will be tested kinematic viscosity and also test total base number by using variation of distance 0 km, 2500km,and3000km
The test results show that the longer the distance traveled by the lubricating oil decreases its kinematic viscosity from 0 km which is 154.02 cSt down 103.42 cSt at 2500 km and 90.36 cSt km at 3000 km but at a distance of 3000 km the lubricating oil has not reached less than 50% of the new kinematic viscosity of lubricating oil. As with kinematic viscosity, the total base number also decreased from 0 km, which was 8.79 mgKOH / g down 5.12 mgKOH / g at 2500 km and 4.23mgKOH / g at 3000km, and at 3000 km the base value was still above 2 mgKOH / g and according to extrapolation calculations the kinematic viscosity of lubricating oil is less than 50% of the kinematic viscosity of the original lubricating oil when the distance reaches 3588 km and its base value is less than 2 when the distance reaches 4264 km
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSMI 629.255 Nug a |
Uncontrolled Keywords: | viskositas, total base number , jarak tempuh |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1077 Lubrication and lubricants. T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL210 Automobiles--Lubrication systems. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Gede Novantara Nugraha |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 02:41 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 08:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59126 |
Actions (login required)
View Item |