Monitoring Dan Pengontrolan Pemakaian Daya Listrik Dengan Menggunakan IBM PC Fasilitas LPT

Sunyoto, Agus (1997) Monitoring Dan Pengontrolan Pemakaian Daya Listrik Dengan Menggunakan IBM PC Fasilitas LPT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2291100015-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Paralel port (LPT) pada IBM PC lebih banyak digunakan untuk pemakaian printer. Untuk itu dimanjaatkan LPT untuk aplikasi lain. Pada tugas akhir ini memanfaatkan LPT untuk monitoring dan pengontrolan pemakaian daya listrik. Penggunaan LPT pada alat ini untuk memudahkan pemasangan tanpa perlu membongkar komputer, bila dibandingkan dengan penggunaan interface pada slot komputer. Alat ini akan dapat melakukan monitoring besarnya daya listrik yang dipakai pada setiap saat pada suatu gedung yang dibagi menjadi blok-blok. Alat ini melakukan pengontrolan secara otomatis daya beban yang aktif dan jika dayanya lebih besar dari yang diijinkan maka secara otomatis akan mengaktifkan beban pada blok berdasarkan prioritasnya. Jadi blok-blok akan ditentukan prioritasnya. Daya pada setiap blok diukur oleh rangkaian pengubah besaran daya ke tegangan dan beda phasenya untuk menentukan faktor daya. Kemudian hasil pembacaan akan diubah ke dalam bentuk sinyal digital. Data tersebut masuk ke LPT pada IBM PC. Proses pengolahan data akan dilakukan oleh IBM PC. Arus yang mengalir pada blok dapat diputus dengan kontrol lewat IBM PC. Pada alat ini dapat dilihat besar dan persentase pemakaian daya antar blok. Pembatasan daya dan prioritas dari blok-blok dapat diubah-ubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.398 1 Sun m
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:44
Last Modified: 16 Aug 2018 03:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59391

Actions (login required)

View Item View Item