Analisis Kesiapan Daerah Kabupaten Propinsi Jawa Timur Dalam Menghadapi Otonomi Daerah Dengan Menggunakan Antar Muka Berbasis Geografis

Kasmudianto, . (2001) Analisis Kesiapan Daerah Kabupaten Propinsi Jawa Timur Dalam Menghadapi Otonomi Daerah Dengan Menggunakan Antar Muka Berbasis Geografis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2696100005-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (46MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Otonomi daerah yang sudah di/aksanakan mulai awa/tahun ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap kebijakan pembangunan di tingkat nasional, propinsi maupun daerah kabupaten kota. Setiap tingkatan wilayah dituntut untuk mengubah visi, misi dan orientasi pembangunan dan pengembangan wilayah yang sesuai dengan otonomi daerah. Setiap daerah juga dituntut untuk menggali kemampuan dan potensi-potensi daerah yang ada untuk menghadapi dan melaksanakan otonomi daerah tersebut. Dalam tugas akhir ini dibuat suatu perangkat funak yang mampu digunakan untuk menganalisis kesiapan daerah Kabupaten di Propinsi Jmm Timur dalam menghadapi otonomi daerah. Analisis dilakukan melaluipemanjaatan teknologi sistem informasi geografis (SJG). Proses untuk menghitung penifaian kesiapan daerah Kabupaten di Propinsi Jmva Timur dalam menghadapi otonomi daerah dilakukan dengan menggunakan dua metode, yang masing-masing memanjaatkan sistem penilaian yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah No 129 tahun 2000. Metode yang pertama dilakukan dengan membandingkan nilai besaran dari perhitungan sub indikator suatu daerah dengan nilai rata-rata dari keseluruhan daerah. Sedangkan metode yang kedua dilakukan dengan membandingkan nifai besaran dari perhitungan sub indicator suatu daerah dengan nifai rata-rata dari keseluruhan daerah dengan memperhatikan sebaran datanya. Perangkat funak yang dibuat telah diuji coba dan digunakan untuk melakukan penilaian kesiapan 29 kabupaten di Propinsi Jmva Timur dalam menghadapi otonomi daerah . Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian sistem ini diharapkan dapat dimanjaatkan oleh pengambil keputusan yang ada di tingkat Propinsi maupun Kabupaten untuk membantu menilai kesiapan daerah Kabupaten di Propinsi Jawa Timur dalam menghadapi otonomi daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 025.069 1 Kas a
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:18
Last Modified: 16 Aug 2018 04:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59393

Actions (login required)

View Item View Item