Desain Mobil Renault Autonomous Shared Car Di Asia Tahun 2030 Dengan Konsep Private Dan Personalized

Andhika, Dimas (2018) Desain Mobil Renault Autonomous Shared Car Di Asia Tahun 2030 Dengan Konsep Private Dan Personalized. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 3414100032_udergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3414100032_udergraduate_theses.pdf - Accepted Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

2030 menjadi tahun dimana adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat di bidang transportasi dan teknologi informasi, termasuk kendaraan autonomous dan teknologi cutting edge. Perkembangan pesat tersebut membuat segala aspek suatu kota menjadi lebih baik dan saling terhubung satu sama lain, sehingga kota tersebut dapat dikatakan sebagai “Smart City”. Tahun 2030 adalah tahun dimana generasi Z menjadi sebagian besar penduduk bumi. Generasi Z mempunyai konsep “ownership” yang berbeda. Mereka memilih “smart solution for every need”, yakni mereka tidak perlu mempunyai barang tersebut untuk mengkonsumsinya, sehingga mereka dapat menggunakan barang apapun, kapanpun dan dimanapun mereka mau. Di sisi lain, fenomena overcrowded pada transportasi publik menyebabkan berkurangnya privasi dan personalisasi bagi mereka yang menggunakannya. Oleh sebab itu, shared car dengan konsep privasi dan personalisasi akan menjadi pilihan mobilitas yang tepat untuk menjawab fenomena ini. Hal ini merupakan peluang bagi Renault yang mempunyai filosofi “easy life” untuk memperluas produk mereka dengan mengakomodasi fenomena tersebut. Dengan mengetahui trend di dunia mobilitas dan kendaraan pada 2030 serta mengetahui target user di masa depan, akan terciptanya kendaraan dengan value yang akan menjawab fenomena 2030. Konsep “smart solution for every need” diimplementasikan ke desain 3 mobil premium yang berbeda yakni: Ultra luxury sedan 2 seaters, micro commuter 4 seaters, dan delivery yang menjawab setiap kebutuhan user. 3 mobil tersebut didesain dengan konsep styling dan value privasi dan personalisasi, sehingga user dapat memaksimalkan pengalaman berkendara yang berbeda dan menciptakan mobilitas yang lebih baik di tahun 2030. Ultra luxury sedan didesain bagi business traveler dan high segment untuk memaksimalkan relaksasi user pada saat perjalanan dengan feeling interior jet pribadi. Desain eksterior menciptakan prestige yang tinggi bagi user, sehingga terciptanya hubungan emosional antara mobil dan dan user di era autonomous dan car sharing.
============================================================
In 2030, an era with high growth of technology in transportation system and information technology, included autonomous vehicle and cutting edge technology. This future phenomenon will cause a better living and everyone connected each other in urban areas, called “smart city”. 2030, an era which mostly of world population is Z generation. Z generation is the generation who grow and live in the era where there is high growth of technology. Z generation have a different concept of ownership. They prefer “smart solution for every need”, it means, they don’t need to buy something to use it. In the other side, overcrowded phenomenon in public transportation cause a lack in their privacy and potential to personalization. Therefore, future shared car with privacy and personalized concept value will be an exciting option to answer this phenomenon and problem in 2030. This scenario and issues will be an opportunity for Renault to expand their range of vehicle for car-carsharing with their “easy life” philosophy. By identifying the world trend in mobility in 2030 and user’s characteristics in thr future, Renault will be able to create vehicle for future scenario and phenomenon. The concept of car sharing, privacy, and personalized is an opportunity for Renault with their “easy life” philosophy to expand the wide range of their product. Concept of “Smart solution for every need” implemented by designing 3 different cars: Ultra luxury sedan 2 seaters, micro commuter 4 seaters, dan delivery which answer different user’s needs. These car designed with privacy and personalized styling concept and design value, so that, users can maximalize their unique experience and better future of mobility in 2030. Ultra luxury designed for business traveler and high segment for ultimate relaxation for user mobility with private jet interior feeling. The exterior design embodies hi-prestige for user and emotional relation between user and the vehicle in autonomous and car sharing world.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 629.222 Dwi d
Uncontrolled Keywords: Autonomous, Smartcity, Overcrowd, Shared car, Ultra Luxury
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dwiputra Andhika Dimas
Date Deposited: 06 Dec 2018 01:38
Last Modified: 09 Oct 2020 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59435

Actions (login required)

View Item View Item