Evaluasi Baku Mutu Air Laut Untuk Bakteri Escherichia Coli Berbasis Resiko Kesehatan Dan Biaya Pengolahan Limbah Di Daerah Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Maulidiyah, . (2005) Evaluasi Baku Mutu Air Laut Untuk Bakteri Escherichia Coli Berbasis Resiko Kesehatan Dan Biaya Pengolahan Limbah Di Daerah Wisata Kepulauan Seribu Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4300100043-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Sebagai lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, kawasan Kepulauan Seribu berpotensi untu menimbulkan dampak negatif, seperti kontaminasi perairan dengan mikroorganisme patogen dar limbah domestik yang dapat menimbulkan resiko kesehatan pada manusia. Untuk itu kondisi suat perairan dapat dinilai dengan baku mutu spesifik apakah masih memenuhi persyaratan lingkungan ata tidak. Dalam penelitian ini, dilakukan evaluasi konsentrasi mikroorganisme patogen dengan indikato bakteri Escherichia coli di perairan dengan menghitung biaya pengolahan dan pembuangan limba domestik; dan biaya kerusakan lingkungan yang terdiri dari biaya resiko gastroenteritis (penyaki saluran pencernaan) dan biaya yang hilang akibat penurunan kunjungan wisatawan. Konsentras optimum didapatkan dari kondisi keseimbangan biaya-biaya tersebut. Konsentras mikroorganism patogen di perairan dihitung dengan menggunakan perangkat lunak Cormix-GI versi 4.3. Hasi perhitungan menunjukkan bahwa biaya pengolahan dan pembuangan limbah diperkirakan berkisa antara 0,314 hingga 0,552 miliar rupiah. Resiko gastroenteritis mencapai 0,023 dengan biaya rata-rat yang harus dikeluarkan sebesar 0,255 miliar rupiah serta biaya yang hilang akibat penurunan jumla wisatawan adalah sebesar 0.18 miliar rupiah. Hasil optimasi menunjukkan konsentras optimum bakter 1~. coli di perairan Kepulauan Seribu adalah I 03/100 hingga 130/100 mi. Nilai ini masi dibawah bak mutu air I aut yang berlaku di Indonesia, yaitu 200/100 mi. Hasil ini menunjukkan bahwa baku mutu ai laut yang digunakan di Kepulauan Seribu dapat lebih diperketat, selain untuk menjaga kelestaria lingkungan dan menimbulkan resiko kesehatan yang lebih kecil, juga akan meningkatka dunia usah dan akhirnya peningkatan perekonomian lokal secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 628.3 Mau e
Uncontrolled Keywords: baku mutu air laut, pariwisata, limbah dornestik, resiko keschatan pengolaha limbah.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC424 Water levels
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Aug 2018 08:52
Last Modified: 24 Aug 2018 08:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59478

Actions (login required)

View Item View Item