Studi Karakteristik Serat Rosela, Serat Pisang, Serat Enceng Gondok Sebagai Substitusi Konstruksi Pelat FRP Pada Pembangunan Kapal

Sunaryanto, Dwi (2002) Studi Karakteristik Serat Rosela, Serat Pisang, Serat Enceng Gondok Sebagai Substitusi Konstruksi Pelat FRP Pada Pembangunan Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100052-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4195100052-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Sifar material komposil yang ringan rahan rerhadap korosi menjadilcan materia ini dijadikan sebagai alternatif pengganti baja pada pembangunan lcapal Fiberglass Reinforced Plastic (FRP) adalah salah satu jenis material komposi yang biasa digunakan. Penggunaan sera/ penguat dari bahan a/am, Naturaljibe Reinforced Plastic (NRP) dewasa ini banyak diminati.

Pada penelitian ini mencoba menggali karakteristik dari Natura/fiber Reinforce Plastic (NRP). Material pengujian yang digunakan adalah komposit dengan sera penguat sera/ karung (Hibiscus Cannabius), abaka (Musa Texti//is Nee) da enceng gondok (Eicchornia Crassipes) yang dianyam tegak lurus. Pengujian yan dilakukan adalah pengujian tarik dan tekuk menggunakan standar pengujia ASTM D 3039/D 3039 M, 1993 dan ASTM D 790-91, 1993.

Hasi/ yang diperoleh menunjuklwn bahwa NRP dengan sera/ penguar sera karung mempunyai kekuaran tarik lebih tinggi 18.6 % dibanding NRP dengan sera! penguat abaka dan lebih tinggi 870 . .J % dibanding NRP dengan sera penguat enceng gondok. Sementara itu untuk kuat tekuk NRP dengan sera penguat serar karung mempunyai kekuaran rekuk .J2 % febih tinggi dibandh ,\RP dengan sera/ penguar abaka dan -126 % lebih tinggi dibanding NRP denga sera! penguat enceng gondok. Untuk penerapan pada pembangunan lcapal pengunaan NRP demgan sera/ penguat serat karung memif.:ki ketebafan terkeci dibanding dengan NRP berserat penguar abaka dan enceng gondok denga peningkatan leba/ 51.3% dibanding FRP. Berat konstruksi NRP sebagai pela kulit kapal masih febih berat dibandingkan dengan FRP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.845 8 Sun s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Aug 2018 07:44
Last Modified: 27 Aug 2018 07:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59488

Actions (login required)

View Item View Item