Analisa Keandalan Pada Struktur Geladak Tanker Terhadap Tekuk Menyeluruh (Overall Buckling)

Budiman, M. Agus (1997) Analisa Keandalan Pada Struktur Geladak Tanker Terhadap Tekuk Menyeluruh (Overall Buckling). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4194100502-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4194100502-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penilaian terhadap kekuatan secara prdJabilistik pada struktur gJadak kapal dalam tugas akhir ini d;Jakukan dengan mempertimbangkan tekuk menyJuruh . Hal ini perlu dikaji sehagai kom,kmen terkaJap pendekatan deterministik dan pendekatan /aktor keamanan yang oenJerung "Over design". Tugas akhir ini merupakan studi kasus peranaangan yang Jiterapkan pada kapal Tanker 17.500 DWT'berlambung ganda buatan PT.PAL Indonesia yang ranaang bangunnya dilakukan deb bangsa Indonesia.Karakterisasi keandalan terhadap struktur pada kapal d;lakukan dengan metode Advanced First Order Second Moment {APOSM) yang Jikembangkan dJ, Haso/er-LinJ dan Simulasi Montecarlo yang dikenalkan dJz Von Newmann dan Ulam. Kdua metode tersehut J;pakai untuk memperkirakan inJeks keandalan {RJ;ability indeks) untuk memberi pijakan rasional atas tingkat kuelamatan/ ruiko yang ada pada kapal tanker tersebut dan juga untuk memperkenalkan bagaimana teknik keandalan dapat dengan mudah dan selaiknya d;pakai paJa sejak awal peranaangan agar d;pe,.JJ, hasil peranaangan yang lJ,;k bersaing. Kdua metode ini diterapkan pada konstruksi geladak utama dibawah kondisi bending momen yang d;perdeh dari data PT.PAL Jan ABS 1(}96 Hasil komputerisasi prosedur APOSM dan simulasi Monteaarlo serta bending momen dari PT PAL Indonesia memberikan nilai indeks keandalan P sekitar 2. Hal ini menunjukkan bakwa kapal tanker•17.500 DWT mempunyai tingkat kesJamatan yang cukup memadai, menurut Nkomendasi yang diberikan A.E Mansour berkisar antara 2 sampai 4. Jadi pada tahap perancangan awal secara kuJuruhan dapat dikatakan aman. Dengan bending momen dari ABS 1996 dan PT PAL Indonesia, prosdur APOSM memberikan nilai indeks keandalan p 1,25 dan Simulasi Monteaarlo memberikan nilai indeks keandalan p sekitar 1,35. Dari hasil indeks keandalan tersebut diatas metode APOSM Uik opHmistik JaripaJa simulasi Montecarlo pada bending momen yang JJ,;J, keciJ dan terdapat kemiripan hasiJ kdua metode tersebut pada bending momen yang kb;k besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.824 5 Bud a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:36
Last Modified: 28 Aug 2018 03:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59494

Actions (login required)

View Item View Item