Ulum, M. Bahrul (2001) Analisis Perbandingan Adhesivitas Cat Pada Material Pelat Lambung Type SS-41. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4193100004-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version Download (15MB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya yang banyak dilakukan untuk mencegah terjadinya korosi pada badan kapal adalah dengan menggunakan coating (pelapisan). Dengan pelaksanaan dan penerapan yang tepat, pengecatan akan memberikan perlindungan awal sesuai dengan yang diharapkan. Penyiapan permukaan, metode pelaksanaan, kelembaban udara, dan suhu permukaan material dapat berpengaruh pada adhesivitas ( daya rekat) cat. Dalam penelitian ini, spesirnen sistem cat yang dipakai adalah epoxy, yang diaplikasikan pada material baja SS- 41. Saat aplikasi, variasi suhu permukaan material adalah 2soc- 35oc, dan kelembaban udara 60%- 89%, sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan. Dari hasil penelitian cat anti fouling mempunyai harga kuat tarik maksirnurn (30 kg/ cm2 ), jika aplikasi dilakukan pada kelembaban udara yang tinggi (70% ), dan suhu permukaan 32°C. Untuk cat intermediate didapatkan harga kuat tarik maksimum (38 kg/ cm2), jika aplikasi dilakukan pada temperatur surface 33°C dan kelembaban udara 68%. Pada cat anti korosi didapatkan harga kuat tarik maksimum (90 kg/ cm2), jika aplikasi dilaku kan pad a kelemba ban udara 84%, dengan suhu permukaan 29oc, dan aplikasi dilakukan sesuai dengan spesifikasi cat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.848 Ulu a |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 06:45 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 06:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59504 |
Actions (login required)
View Item |