Studi Penerapan Metode Activiiy-Based Costing Dalam Perhitungan Biaya Reparasi Kapal Di PT Dok Dan Perkapalan Surabaya (Persero)

Alfiyansyah, Rudy (1999) Studi Penerapan Metode Activiiy-Based Costing Dalam Perhitungan Biaya Reparasi Kapal Di PT Dok Dan Perkapalan Surabaya (Persero). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4191100013-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pertambahan jurnlah perusahaan jasa Dok dan perkapalan akan menyebabkan persaingan yang cukup ketat dalwn hal pelayw1wmya, khususnya dalam 3 hal pokok, yaitu; kualitas yang sesuai, waktu penyelesaian pekerjaan yang singkat, serta biaya yang kornpetitif Khusus untuk komponen biaya, telah terjadi perbedaan antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan didapatkan infonnasi, bahwa penenturu1 Stw1dw•d Unit Price p~da PT DOK dan Perkapalan Surabaya (Persero) belmn didasarkan pada suatu studi khusus terhadap aktifitas-aktifitas pembentuk komponen biaya yang terjadi. Dengan rnenggunakan rnetode Activity Based Costing (ABC), dapat ditelusuri dengan cem1at dan rasional besamya biaya untuk tiap aktifitas. Hal ini dikarenakan permodelan ABC rnenginformasikan dengan baik tentang besamya sumber daya yang dikonsumsi oleh setiap aktifitas dan rnengapa sumber daya tersebut digunakan, sehingga biaya yang ditentukan dapat rnenjadi biaya yang rasional dan kompetitif ABC juga merupakan suatu sistern perencanaan yang rnenekankan pada kalkulasi biaya dari tahap pengembangan awal sampai pemasaran akhir kepada pelanggan. Jadi ABC rnenyadari bahwa disain proses produksi mernegang janji yang besar untuk mendukung produksi yang berbiaya rendah. Bila akuntan rnenggunakan estirnasi biaya yang kasar Wltuk rnenentukan apakah garnbaran mnmn (General Drawing) suatu produk cocok dengan biaya target, insinyur rnelakukan perubahan disain apabila biaya gambaran mnum tidak berada dalam biaya target. Dengan demikian, pengukuran kinerja serta perbaikw1 produktivitas, mutu dru1 cost visibility dapat selalu dilakukan pada tiap keluaran produk. Jadi aktifitas-aktifitas yang teridentifikasikan dan infonnasi biaya yang didapat ini bisa digunakan oleh rnanajernen dalam mengarnbil keputusan, khususnya sebagai salah satu faktor penentu daya saing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.820 028 8 Alf s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:00
Last Modified: 28 Aug 2018 07:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59505

Actions (login required)

View Item View Item