Analisis Transaksi E-mail dalam Layanan Referensi Virtual====Analysis of E-mail Transactions in Virtual Reference Services

Qomariyah, Astutik Nur and Kusuma, Rusdiyah Ciptaning Dwi (2015) Analisis Transaksi E-mail dalam Layanan Referensi Virtual====Analysis of E-mail Transactions in Virtual Reference Services. RECORD AND LIBRARY JOURNAL, 1 (2). pp. 105-119. ISSN 2442-5168

[thumbnail of Astutik Nur Qomariyah.pdf]
Preview
Text
Astutik Nur Qomariyah.pdf - Published Version

Download (653kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, pemanfaatan meja layanan referensi tradisional di perpustakaan perguruan tinggi telah jarang digunakan sehingga memperluas atau bahkan beralih ke layanan referensi virtual. Tingkat minimal layanan referensi virtual yang disediakan di perpustakaan perguruan tinggi saat ini pada umumnya adalah fasilitas electronic mail (e-mail). Salah satu perpustakaan perguruan tinggi yang secara khusus menyediakan layanan referensi virtual melalui e-mail adalah Perpustakaan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya (ref-desk@petra.ac.id.). Dalam layanan tersebut pustakawan menyediakan bantuan kepada pengguna dalam mencari informasi dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transaksi layanan referensi virtual melalui e-mail di Perpustakaan UK Petra Surabaya, dengan melihat dari jenis-jenis pertanyaan yang diajukan berdasarkan latar belakang pengguna, gaya penulisan bahasa komunikasi interaksi yang digunakan berdasarkan latar belakang pengguna, dan nilai-nilai budaya apasajakah yang terungkap yang melatarbelakangi pengguna dalam layanan referensi virtual (e-mail). Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dari transkrip e-mail yang diterima pustakawan layanan referensi Perpustakaan UK Petra mulai tanggal 10 Maret hingga 16 Juni 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis pertanyaan yang diajukan pada layanan referensi virtual (e-mail) di Perpustakaan UK Petra Surabaya antara lain adalah: penelusuran spesifik, akses sumberdaya online, operasi sumberdaya online, kebijakan dan prosedur layanan, dan kepemilikan perpustakaan dengan latar belakang pengguna mahasiswa (UK Petra dan Non UK Petra), dosen, dan pustakawan. Berdasarkan latar belakang pengguna ditemukan bahwa secara keseluruhan jenis pertanyaan yang lebih banyak diajukan di layanan referensi virtual (e-mail) adalah permasalahan akses sumber daya online, dan pada umumnya diajukan oleh mahasiswa. Kemudian, gaya penulisan bahasa pengguna dalam interaksi layanan referensi virtual (e-mail) cenderung formal, yakni terdapat kata salam pembuka, pesan yang akan disampaikan, dan salam penutup, baik oleh mahasiswa (UK Petra dan Non UK Petra), dosen, ataupun pustakawan. Sedangkan nilai-nilai budaya yang terungkap yang melatarbelakangi yang melatarbelakangi pengguna dalam layanan referensi virtual (e-mail) adalah nilai ketaatan, nilai kesopanan, dan nilai kesantunan pengguna.

Item Type: Article
Additional Information: 006 Qom a
Uncontrolled Keywords: layanan referensi virtual, layanan referensi e-mail, transaksi e-mail, analisis isi, perpustakaan perguruan tinggi, virtual reference services, e-mail reference service, e-mail transactions, content analysis, academic libraries
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Sep 2018 07:48
Last Modified: 26 Dec 2020 08:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59575

Actions (login required)

View Item View Item