Bramantyoko, H (2002) Analisa Interaksi Bentuk Badan Kapal Terhadap Kemudi Dengan Simulasi CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4196100003-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version Download (17MB) | Preview |
Abstract
Pada tahap perencanaan design kapal, salah satu poin terpenting yang harus dipenuht adalah kemampuan manuver kapal sesuai dengan standar yang telah dttetapkan sebelumnya. Kemampuan manuver dan kapal ini sanga~ tergantung dari bentuk badan kapal (hull fonn ), propeller, dan kemudi ka~a tersebut. Oleh sebab itu karakteristik hydrodinamic dari badan kapal, utamany badan kapal bagian belakang, sangat penting untuk diketahui. Karena un memperkirakan kemampuan manuver dari kapal, gaya-gaya hidrodinamik yan bekerja pada badan kapal harus diprediksi secara akurat. Penelitian dilakukan pada bentuk badan kapal dengan Coeffisient Bloc 0.65 dan 0.57 dengan tiga variasi sudut serang kemudi (0°, 5°, dan 1 0°) Pengujian dilakukan dengan pendekatan dua dimensi menggunakan Flolran CF ANSYS 5.-1 yang merupakan perangkat lunak untuk aplikasi analisa dinamik fl uida ( ( 'ompulal wnal Fluid Dynamics, ( 'FD) Dari pengujtan menunjukkan bahwa kemudi pada kapal dengan Cb = 0.6 memiliki Sideforce dan Drag yang lebih besar dibanding kemudi pada kap dengan Ch 0.75 pada semua sudut serang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.84 Bra a |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 05 Sep 2018 08:11 |
Last Modified: | 05 Sep 2018 08:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59585 |
Actions (login required)
View Item |