Analisa Interaksi Bentuk Badan Kapal Terhadap Kemudi Dengan Simulasi CFD

Bramantyoko, H (2002) Analisa Interaksi Bentuk Badan Kapal Terhadap Kemudi Dengan Simulasi CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4196100003-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pada tahap perencanaan design kapal, salah satu poin terpenting yang harus dipenuht adalah kemampuan manuver kapal sesuai dengan standar yang telah dttetapkan sebelumnya. Kemampuan manuver dan kapal ini sanga~ tergantung dari bentuk badan kapal (hull fonn ), propeller, dan kemudi ka~a tersebut. Oleh sebab itu karakteristik hydrodinamic dari badan kapal, utamany badan kapal bagian belakang, sangat penting untuk diketahui. Karena un memperkirakan kemampuan manuver dari kapal, gaya-gaya hidrodinamik yan bekerja pada badan kapal harus diprediksi secara akurat. Penelitian dilakukan pada bentuk badan kapal dengan Coeffisient Bloc 0.65 dan 0.57 dengan tiga variasi sudut serang kemudi (0°, 5°, dan 1 0°) Pengujian dilakukan dengan pendekatan dua dimensi menggunakan Flolran CF ANSYS 5.-1 yang merupakan perangkat lunak untuk aplikasi analisa dinamik fl uida ( ( 'ompulal wnal Fluid Dynamics, ( 'FD) Dari pengujtan menunjukkan bahwa kemudi pada kapal dengan Cb = 0.6 memiliki Sideforce dan Drag yang lebih besar dibanding kemudi pada kap dengan Ch 0.75 pada semua sudut serang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.84 Bra a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Sep 2018 08:11
Last Modified: 05 Sep 2018 08:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59585

Actions (login required)

View Item View Item