Pendeteksi Sinyal EMG Untuk Gerak Refleks Pada Kasus Khusus Neurophaty Dengan Teknologi Elektronika Berbasis Fuzzy Logic Controller NLX 220

Kusumayadi, Hairu (1999) Pendeteksi Sinyal EMG Untuk Gerak Refleks Pada Kasus Khusus Neurophaty Dengan Teknologi Elektronika Berbasis Fuzzy Logic Controller NLX 220. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2291100040-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi biomedika sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi Elektronika. Pada Tugas akhir ini direncanakan suatu Alat Ukur Durasi Refleks Otot Achilles Pada Penderita Diabetic Neuropathy dengan menggunakan Fuzzy Logic NLX220 yang diinterfacekan dengan IBM PC, dengan parameter yang diukur berupa tegangan puncak (Volts) dari sinyal refleks dan durasi dari sinyal tersebut (ms). Dengan menggunakan elektroda biopotensial sinyal dari otot dapat diambil. Selanjutnya sinyal tersebut dikonversikan menjadi data digital dengan sebuah ADC. Disamping itu sinyal tersebut diolah processor Fuzzy Logic yang juga dikonversikan menjadi data digital oleh ADC Data digital hasil konversi ini dengan perangkat lunak diproses oleh komputer untuk diperbandingkan antara sinyal dengan memakai Fuzzy dan sinyal yang tidak memakai Fuzzy. Sistem belum bisa menampilkan hasil yang diinginkan, karena pengolahan sinyal oleh Modul Fuzzy tidak bisa menghasilkan performance yang sebenarnya. Sistem untuk tujuan umum masih gagal memberikan hasil yang optimal. Sedangkan untuk hasil yang didapat dari filter bisa ditampilkan dan disimpan dalam bentuk file, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dapat ditampilkan kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.89 Kus p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 10 Sep 2018 03:23
Last Modified: 10 Sep 2018 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59611

Actions (login required)

View Item View Item