Sistem Antar Muka Akulsisi Data Dengan Metode HDL Untuk Pengukuran Tiga Parameter Sinyal Elektronik Melalui LPTl

Susanto, Antonius Agus (1997) Sistem Antar Muka Akulsisi Data Dengan Metode HDL Untuk Pengukuran Tiga Parameter Sinyal Elektronik Melalui LPTl. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2292100021-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2292100021-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pengukuran sinyal elektronis (arus, tegangan, frekuensi) secara tepat sangat diperlukan, terutama untuk pengukuran sinyal yang berubah-ubah amplitudo atau frekuensinya dalam suatu gelombang kontinyu. Flash ADC (Analog to digital Converter) digunakan untuk mengkonversikan suatu sinyal analog menjadi data digital dengan waktu konversi yang cepat. Dalam peralatan ini basil konversi dari ADC disimpan dalam suatu memori yang berupa RAM (Random Access Memory) pada alamat sesuai dengan address counter yang melakukan pencacahan dari alamat awal sampai alamat akhir. Untuk penyederhanaan rangkaian, dipergunakan teknologi L
pada proses digital yang ada.
Penulisan data dari ADC ke RAM dikendalikan oleh IBM PC atau kompatibelnya melalui sistem antar muka LPTl (printer port). Besar clock yang diberikan juga diatur melalui PC.
Sebelum sinyal yang masuk ke ADC dikonversi, lebih dulu besarnya amplitudo disesuaikan dengan melewatkan sinyal pada Attenuator, sehingga besarnya sesuai dengan range ADC. Pengaturan ini juga dikontrol dari PC menggunakan software.
Data yang diperoleh dan tersimpan di RAM selanjutnya dibaca oleh IBM PC dengan bantuan perangkat lunak berupa bahasa tingkat tinggi Delphi melalui antar muka LPT 1 juga. Selanjutnya dilakukan pengolahan data untuk ditampilkan bentuk grafik maupun teks yang menunjukkan kondisi sinyal yang diukur.
Untuk lebih melengkapi data yang telah diambil dari sinyal yang diukur dapat disimpan di file sehingga dapat dilihat lagi sewaktu-waktu tanpa harus menghubungkan alat ke komputer. Bentuk dan besarnya gelombang yang diukur ini bisa dicetak ke kertas dengan menggunakan printer.
Teknologi HDL diterapkan pada bagian pengontrol, berupa pengkode perintah pembagi frekuensi, dan pencacah untuk alamat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.398 1 Sus s
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 10 Sep 2018 07:16
Last Modified: 10 Sep 2018 07:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59616

Actions (login required)

View Item View Item