Inkubator Penumbuh Kultur Jaringan Tanaman Dengan Penerapan Teknologi Elektronika Fuzzy NLX 220

Machudin, M. Azam (1998) Inkubator Penumbuh Kultur Jaringan Tanaman Dengan Penerapan Teknologi Elektronika Fuzzy NLX 220. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2295100536-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi elektronika telah banyak membantu diberbagai bidang dan bahkan sampai pada bidang pertanian. Pada bidang Pertanian khususnya kultur jaringan tanaman yang melakukan penumbuhan dari jaringan terkecil atau yang disebut sel. Untuk menumbuhkan sel ini diperlukan perlakuan yang khusus. Salah satunya adalah diperlukan suatu kondisi ruangan (inkubator) yang sesuai dengan jenis dari masing-masing tanaman tersebut, yaitu temperatur, kuat penerangan dan kelembaban. Adapun untuk memperoleh ketiga kondisi tersebut diperlukan suatu alat kontrol. Dengan didasari pengetahuan tentang teknologi fuzzy, maka dalam tugas akhir ini dirancang suatu sistem pengontrol ruang penumbuh kultur jaringan tanaman dengan menerapkan teknologi fuzzy. Dimana fuzzy berperan utama dalam menentukan tercapainya ketiga kondisi yang diinginkan yaitu temperatur, kuat penerangan dan kelembaban. Alat ini dilengkapi dengan sensor temperatur yang berfungsi untuk membaca kondisi temperatur ruang tersebut dan pengontrol temperatur yang berupa pemanas untuk menaikkan temperatur, pendingin untuk menurunkan temperatur. Kemudian dilengkapi dengan sensor kuat penerangan yang berfungsi untuk membaca kondisi kuat penerangan ruang tersebut dan pengontrol kuat penerangan yang terdiri dari beberapa lampu TL. Dan alat ini juga dilengkapi dengan sensor kelembaban dengan memanfaatkan teori sensor temperatur basahkering, sehingga hasil pengolah datanya dapat digunakan untuk membaca kondisi kelembaban ruang tersebut dan pengontrol kelembaban yang berupa penghangat dan uap air. Pengolah data dari semua sensor dan pengontrol tersebut dengan menggunakan teknologi logika fuzzy. Alat Tugas Akhir yang dibuat dengan menerapkan teknologi logika fuzzy ini diharapkan respon yang diberikan untuk memperoleh kondisi ruang penumbuh tersebut akan lebih efektif dan lebih baik, sehimgga akan memberikan hasil penumbuhan sel tanaman yang lebih baik, cepat dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.89 Mac i
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 13 Sep 2018 02:50
Last Modified: 13 Sep 2018 02:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59625

Actions (login required)

View Item View Item