Simulasi Distribusi Panas, Tegangan Sisa Dan Distorsi Dengan Metode Elemen Hingga Pada Pengelasan Fillet Tipe T

Wicaksono, Alif Priyo (2005) Simulasi Distribusi Panas, Tegangan Sisa Dan Distorsi Dengan Metode Elemen Hingga Pada Pengelasan Fillet Tipe T. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4300100046-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pengelasan fillet tipe T banyak digunakan dalam bidang perkapalan, struktur jembatan dan bangunan lepas pantai. Pemanasan lokal pada logam hingga temperatur lebur dan proses pendinginan yang cepat menghasilkan tegangan sisa yang besar pada daerah lasan fillet tipe T. Tegangan akibat panas lasan menyebabkan distorsi, yang sangat berpengaruh pada proses pengerjaan selanjutnya. Spesimen fillet tipe T yang disimulasikan memiliki ukuran panjang fillet 200 mrn, Iebar flange 200 mm dan tinggi web 100 mm Sedangkan teba!jlange dan web masing-masing 16 dan 12 mm. Kajian ini dititikberatkan pada urutan panas, tegangan sisa longitudinal dan transversal serta distorsi sudut untuk 4 (empat) variasi pengelasan, sehingga dapat diketahui cara meminimalkannya. Variasi urutan pengelasan yang dilakukan adalah pengelasan satu arah, pengelasan berlawanan arah, pengelasan dari tengah satu sisi dan plang dari tengah dua sisi. Pengelasan ini disimulasikan dengan bantuan perangkat lunak ANSYS 6.0 yang elemen hingga. Analisa dibagi menjadi dua tahap yaitu analisa termal dan analisa struktur. Analisa dilakukan terlebih dahulu sehingga diperoleh output berupa temperatur. Sedangkan output ini dij sebagai input beban dalam analisa struktur, sehingga diperoleh hasil akhir berupa tegangan dan Dalam simulasi diketahui bahwa distribusi temperatur dan temperatur puncak hasil pengelasan pada titik sangat dipengaruhi oleh urutan pengelasan. Tegangan sisa longitudinal dan transversal paling terjadi untuk pengelasan berlawanan arah dengan nilai 240 MPa dan 197 MPa. Distorsi sudut minimal untuk pengelasan dari tengah satu sisi yaitu sebesar 0,4f.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 671.52 Wic s
Uncontrolled Keywords: fillet tipe-T, distribusi temperatur, tegangan sisa, distorsi sudut, urutan pengelasan, elemen hingga.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.6 Welding
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:03
Last Modified: 13 Sep 2018 08:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59641

Actions (login required)

View Item View Item