Optimasi Dimensi Tangki Muat Cair Akibat Respon Dinamis Pada Storage Barge

Bachtiar, . (1996) Optimasi Dimensi Tangki Muat Cair Akibat Respon Dinamis Pada Storage Barge. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4904300211-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4904300211-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Suatu struktur apung dituntut mempunyai gerakan yang kecil akibat gelombang. Tuntutan demiklan dimaksudkan untuk mengurangi gangguan terhadap kelancaran operasi ataupun kenyamanan para pekerja. Sehubungan dengan itu dicari faktor-faktor yang turut mempengaruhi, diantaranya ada/ah muatan cair. Selanjutnya yang menjadi pertimbangan khusus di sini adalah keberadaan muatan cair pada suatu tangki muat pada storage barge. Tata letak muatan cair akan berpengaruh terhadap momen inersia, disamping pengaruh Jain yaitu efek permukaan bebas yang mana akan mengurangi stabilitas. Untuk mengurangi etek ini biasanya pada tangki diberikan sekat. Namun pemberian sekat ini akan menjadi tidak efektif apabila tidak diperhatikan tata Jetaknya, untuk itu harus dipilih tata /etak sesuai dengan tujuan yang diinginkan dengan kriteria tertentu. Untuk pemllihan yang paling optimum ini digunakan pendekatan optimasi. Untuk optimasi dimensi tangkl muat cair ini digunakan Linear Programming (LP). Untuk linierisasinya digunakan ekspansi Taylor dan penye/esaian dilakukan dengan metode simplek. Kendala yang digunakan dalam proses optimasi adalah ruangan yang tersedia, per/ode gerakan pitching, dan stabilitas. Sedang fungsi tujuannya ada/ah memaksimumkan momen inersia untuk gerakan yang ditinjau dalam hal ini ada/ah pitching dan meminimumkan efek permukaan bebas zat cair. Dalam optimasi dimens/ tangki ini, struktur dianggap sebagai obyek 2 dimensi dimana variabelnya adalah panjang dan Iebar sedang tingginya konstan. Tata letak seka/igus menunjukkan dimensi masing-masing tangki disini ditunjukkan dengan pergeseran titik simpul. Proses optimasi dilakukan dengan menentukan perancangan awal dari tangki yang ada di Japangan dengan ukuran tangki awal, L = 171,32 'm, B = 40,6 m, T = 23,5m. Setelah dioptimasi terdapat perbedaan volume, sehingga ukuran tangki setelah dioptimasi menjadi: L' = 162195 m, B' = 401 6 ml T = 23,5 m. Volume awal tangki adalah V = 163455 m3 dan volume sete/ah dioptimumkan menjadi V' = 155470,6 m3 . Momen inersia sebe/um dioptimumkan adalah lw = 3,4e09 ton-ft-def dan setelah dioptimumkan menjadi lw ' = 7,62e09 ton-ft-def. Periode pitching awal T9 = 8,2 det dan setelah dioptimumkan menjadi T9' = 8, 9 det. Dengan optimisasi akan didadapatkan karakteristik
gerakan heaving dan pitching baru, yang secara umum terjadi perbaikan, yaitu periode pitching meningkat dan besamya heaving dapat diperkecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.824 5 Bac o
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:14
Last Modified: 14 Sep 2018 08:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59658

Actions (login required)

View Item View Item