Analisa Penggunaan Metode Soviet Technique Untuk Mengestimasi Deformasi Pada Pengelasan Sambungan Tumpul Pelat SS-41 Produksi KS

B.R.M. Dhayawardhana A., . (1996) Analisa Penggunaan Metode Soviet Technique Untuk Mengestimasi Deformasi Pada Pengelasan Sambungan Tumpul Pelat SS-41 Produksi KS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4914100405-Undergraduate-thesis.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pengelasan pelat dengan sambungfl tumpul merupakan metode penyambungan antarpelat yang kerapkali digunakan. Namun, dampak yang kurang menguntungkan juga tidak jarang dijumpai. Akibat adanya pengelasan maka akan terjadi tegangan sisa. Dengan adanya tegangan sisa tersebut, bila dalam pengelasan dibiarkan bergerak leluasa pada saat pemanasan dan pendinginan maka benda kerja akan mengalami distorsi/ perubahan bentuk, akibat berkembangnya peregangan – peregangan ( strain) rumit yang secara keseluruhan bergabung membentuk internal stress sehingga blok - blok kristal tergelincir yang satu terhadap yang lain sepanjang bidang kristalografi tertentu, yang disebut bidang slip. Dari sinilah awal timbulnya gejala - gejala bending, mulet, dan kepatahan ( buckling). Gejala - gejala yang terkualifikasi di dalam distorsi berupa deformasi angular, pada suatu konstruksi, akan mengurangi ketelitian ukuran, keindahan, dan kekuatannya. Prediksi terhadap kemungkinan adanya deformasi sebagai suatu upaya preventif, dilakukan dengan menggunakan suatu metode pendekatan semi empiris : "SOVIET TECHNIQUE" yang berpegangan pada prinsip heat transfer dan kekuatan material. Oleh karena prediksi ini akan berkaitan dengan kekuatan dari sambungan suatu las - lasan sebagai langkah pencegahan terhadap terjadinya kecacatan, maka analisa teknis dilakukan terhadap variasi deformasi yang bakal timbul dengan pelbagai input parameter. Tingkat keakurasian basil prediksi dianalisa dan disimpulkan berdasarkan analogi dengan basil pengamatan visual-fisik pada akhir percobaan pengelasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.843 2 Dha a
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.6 Welding
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:32
Last Modified: 14 Sep 2018 08:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59659

Actions (login required)

View Item View Item