Analisa CFD (Computational Fluid Dynamics) Terhadap Pengaruh Inclining Keel Pada Hambatan Dan Kecepatan Kapal Ikan

Moh. Nawawi, - (2015) Analisa CFD (Computational Fluid Dynamics) Terhadap Pengaruh Inclining Keel Pada Hambatan Dan Kecepatan Kapal Ikan. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4110100702-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4110100702-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kapal ikan merupakan kapal yang sering menggunakan Inclining Keel yang bertujuan untuk
memperkecil hambatan kapal (terutama hambatan viscos viskos). Tugas akhir ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh variasi sudut Inclining Keel dan Keel datar terhadap hambatan total (Rt),
hambatan viscos (Rv) dan volume ruang muat. Metode yang digunakan dalam analisa tersebut
adalah perhitungan numerik dengan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic). Terdapat
variasi bentuk keel yaitu 1 keel datar dan 3 variasi terhadap sudut Inclining Keel yaitu 3º, 5º dan
7º. Dari hasil pengujian dengan simulasi CFD dapat disimpulkan bahwa pengaruh Inclining Keel
terhadap besarnya nilai hambatan total (Rt) adalah jika sudut Inclining Keel semakin besar maka
nilai hambatan total (Rt) menjadi lebih kecil, yaitu pada sudut 3º nilai Rt sebesar 23.7 KN, pada
sudut 5º sebesar 22.5 KN serta pada sudut 7º sebesar 21.1 KN sedangkan pada keel datar adalah
sebesar 24.0 KN. Inclining Keel juga mempengaruhi volume ruang muat kapal ikan dengan
pengurangan keel 3º sebesar 8.4%, keel 5º sebesar 13% dan keel 7º sebesar15.3% terhadap keel
datar tetapi tidak menurunkan hasil tangkapan ikan karena menurut PPS (Pelabuhan perikanan
Samudera) kapal ikan berukuran 15 GT mendapatkan 7 ton/hari dan kapasitas volume kamar
mesin setiap bentuk sudut keel besarnya sama yaitu 8.5 M
3.
======================================================================================================
Fishing vessel is a kind of vessel which frequently uses inclining keel in order to reduce the resistance of
ship (in particular viscous component). The Project is aimed to investigate the effect of variation of
inclining keel on viscous resistance and cargo capacity. The use method is Computational Fluid Dynamics
(CFD). There are 4 variation, namely (1) even keel, (2) 3°, (3) 5° and (4) 7°. It was shown from CFD
results that the bigger the inclining keel angle, the smaller the resistance is. In this case 0° gives 24.0 KN,
3° gives 23.7 KN, 5° gives 22.5 KN, 7° gives 21.1 KN, of furthermore, inclining keel also influence cargo
capacityof the fishing vessel. Angle 3° cause a reuction of capacity about 8%, Angle 5° cause a reuction of
capacity about 13% and Angle 7° cause a reuction of capacity about 15.3%. It is still acceptable because
statistics showed that each vessel normally catch 7 tonnes fish per day and the highest inclining keel angel
(7°) can load 11.2 tonnes fish.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.848 Naw a
Uncontrolled Keywords: inclining keel, hambatan (resistance), CFD, volume ruang muat
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:09
Last Modified: 20 Sep 2018 07:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59684

Actions (login required)

View Item View Item