Studi Tahanan Kapal Katamaran Dengan Konsep CFD

Priyanto, Eko (2001) Studi Tahanan Kapal Katamaran Dengan Konsep CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4195100015-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam perancangan kapal, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah persoalan tahanan. Semakin kecil tahanan maka semakin tinggi nilai ekonomis suatu kapal, demikian sebaliknya. Karena itu, dalam merancang suatu kapal perlu didapatkan bentuk yang optimum dari kapal dilihat dari segi tahanannya. Pengoperasian kapal katamaran relatif belum banyak di Indonesia meskipun memberikan sejumlah keuntungan antara lain : luasan geladak yang lebih besar dan stabilitas melintang yang lebih baik dibandingkan tipe monohull. Selanjutnya, kapal katamaran juga menyajikan fenomena yang menarik yaitu apa yang disebut interferensi yang timbul akibat adanya 2 badan kapal yang disusun bersekatan. Penyehdikan tentang interferensi ini dapat dikerjakan dengan 2 cara yaitu (1) eksperimental fisik di towing tank dan wind tunnel, dan (2) eksperimental numerik menggunakan konsep computational fluid dynamics (CFD). Studi tugas akhir ini selanjutnya difokuskan pada pendekatan kedua dengan penekanan pada kejadian interferensi akibat tahanan kekentalan. Hasil yang didapat dibandingkan dengan data yang tersedia dan memperlihatkan kecenderungan yang sama walaupun tidak sepenuhnya memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 Pri s
Uncontrolled Keywords: Tahanan kapal, Kapal tamaran, Konsep CFD,
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:02
Last Modified: 27 Sep 2018 06:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59700

Actions (login required)

View Item View Item