Analisis Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Widodo, Wahyu (2003) Analisis Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100021-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4195100021-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendangkalan yang terus-menerus tetjadi di alur masuk Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menyebabkan Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan berkeinginan membuat alur baru dengan dimensi panjang 12 km, lebar 100 rn, dan kedalaman -5 m sehingga bisa dilewati 24 jam. Untuk mengeruk alur baru diperkirakan akan dikeruk 7 juta m3 endapan dan 2,5 juta m3 untuk perawatan alur tahunan. Sedangkan biaya pembangunan akan dikenakan kepada pengguna jasa alur sesuai Perda No. 6/2001.
Untuk memenuhi keinginan tersebut, maka perlu sekali dipikirkan perlatan keruk (kapal keruk) yang sesuai dengan kondisi geografis daerah, kedalaman minimal yaitu 1,6 m, dan jenis material yang akan dikeruk yaitu tanah liat hal us. Kapal keruk jenis plain suction dredger dipilih karena dianggap sesuai dengan jenis material keruk dan mempunyai keunggu]an proses produksinya yang cepat.
Selain dari segi teknis, maka perhitungan ekonomis diperlukan untuk menilai kelayakan suatu investasi. Metode yang digunakan disini adalah Net Present Value (NPV). Dari hasil analisa diperoleh bahwa investasi yang ditanamkan akan mencapai titik impas I Break Event Point (BEP) pada tahun ke-6 sehingga investasi pengadaan kapal keruk ini layak untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 8 Wid a
Uncontrolled Keywords: kapal keruk, Net Present Value (NPV), Analisis teknis dan ekonomis
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:09
Last Modified: 27 Sep 2018 06:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59701

Actions (login required)

View Item View Item