Januarti, Lusi (2003) Analisa CFD Terhadap Besarnya Blockage Efect Di Laboratorium Hidrodinamika FTK ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4196100017-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
Abstract
Distribusi kecepatan dan tahanan badan kapal yang bergerak diperairan terbatas berbeda dengan perairan tak terbatas. Untuk menghitung besamya tahanan kapal, digunakan model dengan skala mendekati bentuk badan kapal sebenamya. Model tersebut digerakkan didalam tangki percobaan dengan variasi kecepatan yang berbeda.
Pemodelan dilakukan untuk mendekatkan ukuran model kapal dengan menggunakan variasi ukuran tangki melintang percobaan yang berubah secara geosim. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan pendekatan tiga dimensi menggunakan Flotran CFD ANSYS 5.7 yang merupakan perangkat lunak untuk aplikasi analisa dinamika fluida (Computational Fluid Dynamics, CFD).
Dari pengujian numerik yang dilakukan besamya blockage di Laboratorium Hidrodinamika FTK-ITS menunjukkan bahwa untuk kecepatan hingga 3.0 m/dt besamya blockage memenuhi hingga 3.048 %. Sementara untuk kecepatan 4.0 m/dt ratio blockage yang memenuhi hingga 2.469 %. Koreksi penambahan kecepatan karena penambahan blockage ratio 12% adalah 3.74-5.04%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 523.5 Jan a |
Uncontrolled Keywords: | Flotran CFD ANSYS 5.7, CFD, BLOCKAGE EFECT |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 02:38 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 02:38 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59706 |
Actions (login required)
View Item |