Penyusunan Program Simulasi Alat Ukur Tahanan Gelombang

Yusuf, Muhammad (2003) Penyusunan Program Simulasi Alat Ukur Tahanan Gelombang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4196100035-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tahanan pada kapal terdiri atas tahanan kekentalan (viscous resistance) dan tahanan gelombang (wave resistance). Tahanan kekentalan didefinisikan sebagai hasil kali suatu faktor bentuk dengan tahanan gesek dari suatu pelat datar yang memiliki permukaan basah sama dengan bentuk badan kapal, sedang komponen tahanan gelombang selama ini didapatkan dengan cara mengurangi tahanan total kapal dengan komponen tahanan kekentalan atau pendekatan empiris lain. Penelitian mengenai besarnya komponen tahanan gelombang ini sampai saat ini masih terus dilakukan. Pada umumnya penelitian pada komponen tahanan ini dilakukan pada kolam uji model (towing tank) , tetapi kendala yang ada yaitu tidak adanya alat ukur yang bisa yang bisa memberikan estimasi yang lebih baik untuk tahanan gelombang pada model kapal. Pada sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya telah berhasil didefinisikan sebuah model alat pengukur tahanan gelombang pada model kapal yang akan diuji pada kolam uji model. Model alat ini terdiri dari tiga bagian yaitu sensor kapasitif, rangkaian jembatan Wheatstone, dan A C Ampflier. Pada tugas akhir ini akan dibahas pembuatan program simulasi untuk model alat pengukur tahanan gelombang yang telah dibuat dengan bahasa pemrograman Delphi 7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 532.5 Yus p
Uncontrolled Keywords: Alat ukur tahanan gelombang, tahanan kekentalan (viscous resistance), tahanan gelombang (wave resistance)
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:49
Last Modified: 08 Oct 2018 02:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59708

Actions (login required)

View Item View Item