Analisis Teknis Dan Ekonomis Keandalan RTGC (Rubber Tyred Gantry Crane) Pelabuhan Konvensional Surabaya

Nugroho, Iwan Dwi (2004) Analisis Teknis Dan Ekonomis Keandalan RTGC (Rubber Tyred Gantry Crane) Pelabuhan Konvensional Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4197100071-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kinerja merupakan salah satu wujud dari pengelolaan yang profesional dari sebuah perusahaan. Demikian pula halnya dengan pelabuhan yang merupakan sarana dan prasarana distribusi barang yang memberikan andil yang sangat besar bagi perekonomian. Peningkatan kinerja pelabuhan dapat dilihat dengan adanya proses bongkar muat dengan penjadwalan yang ketat, yang secara disiplin dapat dipenuhi oleh pengelola pelabuhan. Tidak dapat dipungkiri waktu merupakan variabel penting yang merupakan tolok ukur dari peningkatan kinerja pelabuhan. Penggunaan container atau peti kemas dalam proses pengiriman suatu barang merupakan salah satu usaha untuk meningkatan effektifitas bongkar muat di pelabuhan. Namun tentu saja pelabuhan harus memiliki peralatan yang memadai untuk menangani proses bongkar muat peti kemas tersebut. RTG (Rubber Tyred Gantry) adalah salah satu alat yang digunakan dalam proses pemindahan peti kemas dari lapangan penimbunan sementara ke truk pengangkut atau sebaliknya. Dalam melakukan kerjanya, ada kalanya RTG mengalami kerusakan atau kegagalan operasi yang tentunya dapat menghambat proses bongkar muat yang ada di pelabuhan sehingga mengakibatkan produktivitas pelabuhan menjadi menurun. Dalam tugas akhir ini penulis berusaha untuk menganalisa dari segi teknis maupun ekonomis. Dalam proses analisa teknis, digunakan analisa kualitatif yaitu dengan menggunakan metode FTA (Fault Tree Analys) dan FMEA (Fault Mode Effect Analys ) sehingga dapat diketahui komponen-komponen mana dari penyusun sistem RTG itu yang sering mengalami kerusakan, dengan demikian dapat diperkirakan tindakan apa yang semestinya dilakukan agar tingkat kerusakan dan kegagalan operasi RTG dapat dikurangi. Perubahan penjadwalan perawatan adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terjadinya kegagalan. Dengan penjadwalan yang lebih effektif maka dapat diperoleh tingkat keandalan yang optimum dan tingkat revenue yang tinggi. Sedangkan dalam analisa ekonomis dianalisa seberapa besar pengaruh perubahan penjadwalan perawatan terhadap revenue yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 621.873 Nug a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:30
Last Modified: 08 Oct 2018 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59711

Actions (login required)

View Item View Item