Penjadwalan kapal Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Pada Saat kondisi Arus Muatan Biasa Dan Padat

Antono, Sandy Ferry (2000) Penjadwalan kapal Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Pada Saat kondisi Arus Muatan Biasa Dan Padat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4198100509-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Sebagian wilayah Indonesia yang terdiri dari pulau besar dan pulau kecil dipisahkan oleh selat-selat yang menghubungkan pulau-pulau tersebut. Selat ini adalah salah satu prasarana yang penting bagi lalu lintas dan perkembangan angkutan laut di negara ini. Kenyataannya angkutan penyeberangan yang terus meningkat setiap tahunnya, yang menunjukkan pula bahwa lalu 1intas antar pulau di pelabuhan penyeberangan itu sudah bertambah ramai. Salah satu penyeberangan yang saat ini masih ramai dilalui adalah penyeberangan Ketapang - Gilimanuk. Kemacetan dan antrian yang panjang dan memakan waktu yang lama sering terjadi. Hal ini disebabkan karena Pulau Bali adalah merupakan pulau yang sering menjadi pusat perhatian untuk: didatangi baik untuk perdagangan maupun pariwisata. Antrian yang terjadi dipengaruhi oleh padatnya jalur penumpang. Jurnlah dermaga dan kapal yang ada pada saat ini masih menyebabkan kapal yang akan merapat ke dermaga harus menunggu sekian lamanya untuk mendapatkan pelayanan. Melihat padatnya pemakai jalur penyeberangan ini, pelabuhan perlu meningkatkan mutu pelayanannya melalui perbaikan atau penambahan sarana-sarana. Disamping itu pula perlu adanya pengaturan jadwal yang tepat dan efisiensi waktu pemberangkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 519.82 Ant p
Uncontrolled Keywords: Kapal penyebrangan, Ketapang - Gilimanuk, pengaturan jadwal
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:47
Last Modified: 17 Oct 2018 07:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59712

Actions (login required)

View Item View Item