Analisis Human Error Terhadap Kecelakaan Pada Sistem Kelistrikan Berbasis Data Di Kapal

Widyasto, Lucky Andoyo (2015) Analisis Human Error Terhadap Kecelakaan Pada Sistem Kelistrikan Berbasis Data Di Kapal. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4210100095-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan kapal banyak terjadi di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah volume lalu lintas kapal yang tinggi seperti pada alur pelayaran Selat Bali. Menurut data KNKT lebihdari 80% kecelakaan disebabkan oleh human error.Tujuan utama dari penulisan tugas akhir adalah untuk menganalisis seberapa besar nilai human error berpengaruh terhadap kecelakaan kapal akibat sistem kelistrikan .Setelah mengetahui seberapa besar nilai human error berpengaruh terhadap kecelakaan kapal, maka selanjutnya akan dianalisis mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi human error. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah kombinasi dari metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SHELL Model, sehingga dapat diketahui seberapa besar nilai human error dan apa saja penyebabnya. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai human error terhadap kecelakaan kapal akibat kondisi Sistem kelistrikan sebesar 26.9% dan nilai terbesar yang mempengaruhi human error adalah kesehatan SDM dengan nilai sebesar 32.1%. ================================================================================================= There are many ship accidents that were occured in Indonesia. One of them is caused by the heavy marine traffic like the condition at Bali Strait passage. Based on the data from KNKT, more than 80% of accidents are caused by human error. The main objective of the final project is toanalyze how much the value of human error affect ship accidents due to electrical system. After finding outhow much the value of human error affect ship accidents, the next will be on the analysis of the factors that influence human error.The method used in this final project is a combination of AHP (Analytical Hierarchy Process) and SHELL model, so it can be seen how much the value of human error and the factors that influence human error. From the results of analysis show that the value of human error that effect ship accidents due to condition of electrical system is 26.9% and the largest value that influence human error is good condition of operator by 32.1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.894 Wid a
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan kapal, human error, AHP, SHELL Model
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:04
Last Modified: 25 Sep 2018 03:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59714

Actions (login required)

View Item View Item