Kajian Keselamatan Aktivitas Transportasi Laut Terhadap Collision Pada Bouy No. 15 Alur Pelayaran Barat Surabaya

Para, Bimo Wira (2015) Kajian Keselamatan Aktivitas Transportasi Laut Terhadap Collision Pada Bouy No. 15 Alur Pelayaran Barat Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100055-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4211100055-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian keselamatan aktivitas transportasi laut terhadap
tubrukan kapal merupakan hal yang penting dilakukan bukan
hanya untuk mengetahui safety level pada sebuah alur pelayaran,
namun juga untuk mengurangi potensi kejadian tubrukan.
Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Gresik dan Pelabuhan Teluk
Lamong, Jawa Timur, yang berada di Alur Pelayaran Barat
Surabaya memiliki peranan yang besar dalam aktivitas ekspor
impor dan perdagangan nasional jalur laut. Untuk lebih
mengembangkan perekonomian nasional, Kementerian
Perhubungan Republik Indonesia akan mengembangkan Rencana
Induk Pelabuhan Tanjung Perak dan Sekitarnya Secara
Terintegrasi, dimana salah satu pengembangannya adalah
pembangunan dermaga yang akan dikelola oleh PT. Berlian
Manyar Sejahtera, yang berada di sekitar Bouy No.15. Pada
skripsi ini menyajikan kajian keselamatan terhadap tubrukan
kapal di Bouy No.15 Alur Pelayaran Barat Surabaya dengan
metode IWRAP dan simulasi impak hasil tubrukan dilakukan
dengan metode Finite Element Analysis. Penilaian ini bertujuan
untuk mengetahui batas aman jumlah kapal yang diperbolehkan
beroperasi di APBS setiap tahunnya. Data jumlah kapal yang
berlayar di APBS didapatkan dari Pelindo sebagai Otoritas
Pelabuhan di Indonesia. Hasil yang didapatkan berdasarkan
analisis yang telah dilakukan terhadap head on collision, drifting
collision, overtaking collision, dan crossing collision adalah
x
sebesar 0.420, 0.940, 0.940, dan 0.605 secara berurutan, yang
berarti frekuensi dari masing-masing jenis tubrukan dapat
diterima jika mengacu pada keadaan future condition dimana
frekuensi tubrukan dapat diterima bila bernilai dibawah satu. Dari
analisis perhitungan yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan
bahwa jumlah maksimal kapal yang dapat berlayar di Alur
Pelayaran Barat Surabaya pada future condition adalah sebanyak
49.640 kapal/tahun.
====================================================================================================
Marine transportation activities risk assessment due to
collision is not only used to determine safety level in waterways,
but also to reduced ship collision frequency. Port of Tanjung
Perak, Port of Gresik, and Port of Teluk Lamong, East Java,
which are located in Surabaya West Access Channel has a role of
import, export, national trade on shipping lanes. To improved
national economics, Ministry of Transportation will developed
Integrated Port Master Plan, which one of the development is the
port that will be managed by PT. Berlian Manyar Sejahtera
located around Bouy No.15. This final project presents collision
risk assessment at Bouy No.15 of Surabaya West Access Channel
used IWRAP methods and the simulation of impact results is
simulated by Finite Element Analysis Method. This assessment is
aimed to determine the annuall limit number of vessel that
allowed to pass through Surabaya West Access Channel. The
number of ship is obtained from Pelindo as Indonesian Port
Authorities. The results based on frequency analysis due to head
on collision, drifting collision, overtaking collision, and crossing
collision is 0.986, 0.987, 0.273, and 0.430 consecutively. This
means, the frequency of each type of collision is acceptable.
Based on the analysis, it is concluded that the limit number of
vessel that allowed to pass on Surabaya West Access Channel in
future condition is 49,640 ships/year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 530.416 Par k
Uncontrolled Keywords: marine safety, collision risk, accident probability, risk assessment
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:34
Last Modified: 27 Sep 2018 08:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59719

Actions (login required)

View Item View Item