Kajian Keselamatan Aktivitas Transportasi Laut Terhadap Collision Pada Bouy No. 15 Alur Pelayaran Barat Surabaya

Para, Bimo Wira (2015) Kajian Keselamatan Aktivitas Transportasi Laut Terhadap Collision Pada Bouy No. 15 Alur Pelayaran Barat Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4211100055-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian keselamatan aktivitas transportasi laut terhadap tubrukan kapal merupakan hal yang penting dilakukan bukan hanya untuk mengetahui safety level pada sebuah alur pelayaran, namun juga untuk mengurangi potensi kejadian tubrukan. Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Gresik dan Pelabuhan Teluk Lamong, Jawa Timur, yang berada di Alur Pelayaran Barat Surabaya memiliki peranan yang besar dalam aktivitas ekspor impor dan perdagangan nasional jalur laut. Untuk lebih mengembangkan perekonomian nasional, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan mengembangkan Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Perak dan Sekitarnya Secara Terintegrasi, dimana salah satu pengembangannya adalah pembangunan dermaga yang akan dikelola oleh PT. Berlian Manyar Sejahtera, yang berada di sekitar Bouy No.15. Pada skripsi ini menyajikan kajian keselamatan terhadap tubrukan kapal di Bouy No.15 Alur Pelayaran Barat Surabaya dengan metode IWRAP dan simulasi impak hasil tubrukan dilakukan dengan metode Finite Element Analysis. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui batas aman jumlah kapal yang diperbolehkan beroperasi di APBS setiap tahunnya. Data jumlah kapal yang berlayar di APBS didapatkan dari Pelindo sebagai Otoritas Pelabuhan di Indonesia. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap head on collision, drifting collision, overtaking collision, dan crossing collision adalah x sebesar 0.420, 0.940, 0.940, dan 0.605 secara berurutan, yang berarti frekuensi dari masing-masing jenis tubrukan dapat diterima jika mengacu pada keadaan future condition dimana frekuensi tubrukan dapat diterima bila bernilai dibawah satu. Dari analisis perhitungan yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa jumlah maksimal kapal yang dapat berlayar di Alur Pelayaran Barat Surabaya pada future condition adalah sebanyak 49.640 kapal/tahun. ==================================================================================================== Marine transportation activities risk assessment due to collision is not only used to determine safety level in waterways, but also to reduced ship collision frequency. Port of Tanjung Perak, Port of Gresik, and Port of Teluk Lamong, East Java, which are located in Surabaya West Access Channel has a role of import, export, national trade on shipping lanes. To improved national economics, Ministry of Transportation will developed Integrated Port Master Plan, which one of the development is the port that will be managed by PT. Berlian Manyar Sejahtera located around Bouy No.15. This final project presents collision risk assessment at Bouy No.15 of Surabaya West Access Channel used IWRAP methods and the simulation of impact results is simulated by Finite Element Analysis Method. This assessment is aimed to determine the annuall limit number of vessel that allowed to pass through Surabaya West Access Channel. The number of ship is obtained from Pelindo as Indonesian Port Authorities. The results based on frequency analysis due to head on collision, drifting collision, overtaking collision, and crossing collision is 0.986, 0.987, 0.273, and 0.430 consecutively. This means, the frequency of each type of collision is acceptable. Based on the analysis, it is concluded that the limit number of vessel that allowed to pass on Surabaya West Access Channel in future condition is 49,640 ships/year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 530.416 Par k
Uncontrolled Keywords: marine safety, collision risk, accident probability, risk assessment
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:34
Last Modified: 27 Sep 2018 08:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59719

Actions (login required)

View Item View Item