Fitri, Sutopo Purwono (1998) Perancangan Sistem Propulsi LNG Carrier Menggunakan Dual Fuel Diesel-Electric Sebagai Pengganti Steam Turbine Ditinjau Dari Aspek Teknis Dan Ekonomis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4293100012-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (21MB) | Preview |
Abstract
Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan pengangkutan LNG pada LNG Carrier adalah penggunaan sistem propulsi yang potensia/. Pada saat ini, motor induk dalam sistem propulsi yang umum dipilih untuk kapal - kapal besar (large vessel) mulai beralih dari steam turbine ke diesel engine. Termasuk LNG Carrier yang mulai memakai diesel engine sebagai motor penggerak kapal yaitu dengan konfigurasi diesel - electric sebagai salah satu metode propulsi yang potensial. Walau sekarang steam turbine di LNG Carrier telah dilengkapi dengan kemampuan memanjaatkan boil-off gas (BOG) secara efisien, namun secara keseluruhan kurang efisien bila dibandingkan dengan dieselengine modern, terutama masalah mahalnya biaya karena konsumsi bahan bakar yang tinggi. Diesel engine modern mempunyai efisiensi yang tinggi dimana mampu menghasilkan power yang dibutuhkan oleh sebuah LNG Carrier dan juga memberikan penghematan konsumsi bahan bakar 30- -10% jika dibandingkan dengan steam turbine.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.824 5 Fit p |
Uncontrolled Keywords: | LNG Carrier, diesel engine, rancangan sistem propulsi alternat~f |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM276.A1 Fuel (Including supplies, costs, etc.) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 04:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 04:09 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/59722 |
Actions (login required)
View Item |