Perancangan Sistem Pengendalian Pada Sistem Kemudi Kapal Berbasis Komputer Dalam Rangka Menunjang Sistem Collision Avoidance

Susilo, Wahyu (2000) Perancangan Sistem Pengendalian Pada Sistem Kemudi Kapal Berbasis Komputer Dalam Rangka Menunjang Sistem Collision Avoidance. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4297100506-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kapal sebagai angkutan laut yang stabil dan bergerak dengan kecepatan memadai dan dapat melakukan manuver-manuver sesuai kebutuhan. Dalam hal ini manuver kapal sangat penting pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja pada kapal, karena itu sistem otomatisasi sangat diperlukan untuk pengaturan dan pengendalian arah gerak kapal tersebut. Untuk itu komputer sebagai sarana yang efektif dan relevan untuk dijadikan penghubung antara hardware dan software, sistem komputer akan menekan banyaknya kebutuhan dari operator. Sistem pengendalian ini memanfaatkan kemampuan mikroprosessor komputer, untuk itu dibuat alat bantu yang disebut interface yang dapat di matching antara komputer dengan peralatan luar dan sebaliknya ( menghubungkan antara hardware dan software ). Pada pengendalian ini dapat diketahui arah sudut daun kemudi lebih aktual dan dapat mengetahui posisi kapal serta arahnya alat ini menggunakan sistem digital dan dapat langsung dibaca pada monitor dengan cara memberi perintah dan sudut yang diinginkan atau dapat dengan menggunakan mouse apabila menggunakan mode manual. Pada tugas akhir ini kapal konvensional dibuat menjadi semi otomatis pada sistem kemudi kapal, Dimana hasil akhirnya kapal dapat bergerak secara otomatis untuk menghindari objek didepannya dengan menggunakan program turbo pascal sebagai sarananya, untuk menghindari tubrukan atau collision avoindance diperlukan sistem navigasi sebagai alat komunikasi atau radar, dalam hal ini perancangan menggunakan sistem simulasi pada layar monitor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.391 6 Sus p
Uncontrolled Keywords: Perancangan sistem, mikroprosessor komputer, collision avoindance.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:50
Last Modified: 13 Nov 2018 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59728

Actions (login required)

View Item View Item