Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Optimasi Keandalan Dengan Metode Algoritma Genetika Pada Jaringan Komputer Yang Diperluas

Husein, Irman Wisnu (2000) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Optimasi Keandalan Dengan Metode Algoritma Genetika Pada Jaringan Komputer Yang Diperluas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2695100063-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Ketika ratusan komputer atau komponen jaringan lainnya saling dihubungkan, interaksi yang sangat rumit menyebabkan buruknya keandalan. Keandalan suatu jaringan komputer ini sang at ditentukan oleh topologi jaringannya. Pemilihan topologi jaringan dengan keandalan optimal merupakan sebuah NP-harrl combinatorial problem, yang dengan cara klasik maupun dengan metode algoritma genetika yang pengkodeannya yang tidak efektif, perhitungannya akan meningkat secara eksponensial bersamaan dengan meningkatnya ukuran jaringan. Algoritma genetika dengan pengkodean yang efektif dipresentasikan untuk memecahkan permasalahan desain topologi jaringan komputer dengan keandalan optimal. Dalam tugas akhir ini, dirancang sebuah perangkat lunak untuk perancangan topologi jaringan komputer yang diperluas dengan keandalan optimal. Suatu metode upperbound, yang disebut sebagai Konak's general bound.diterapkan untuk menghitung keandalan pada jaringan yang mempunyai keandalan link yang non identik. Hasil yang didapat dapat mendekati nilai estimasinya. Pengoptimasian keandalan dilakukan dengan menggunakan parameter yang telah ditentukan. Tahap awal adalah menghitung keandalan link dan biaya yang berasal dari data masukan berupa jarak efektif antar node yang terkoneksi pada jaringan yang diperluas. Perhitungannya berdasarkan kurva loss data rate setiap link, yang diasumsikan telah diketahui. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pengkodean secara efektif. Kemudian dibangun populasi dilanjutkan dengan proses reproduksi dan rekombinasi dengan bantuan berbagai variasi operator algoritma genetika. Hasil akhir adalah suatu desain topologi baru yang memiliki keandalan yang optimal, namun dengan biaya yang seminimal mungkin. Perangkat lunak yang dibuat, dapat diaplikasikan dalam permasalahan jaringan lainnya, dengan mengganti atau menambahkan parameter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Hus p
Uncontrolled Keywords: Software, Optimasi keandalan, algoritma genetika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:01
Last Modified: 08 Oct 2018 02:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59735

Actions (login required)

View Item View Item