Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Penyelesaian Traveling Salesman Problem Dengan Menggunakan Algoritma Genetika

Kusumaningtyas, Entin Martiana (1999) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Penyelesaian Traveling Salesman Problem Dengan Menggunakan Algoritma Genetika. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2692100007- undergraduate thesis.pdf - Published Version

Download (56MB) | Preview

Abstract

Traveling Salesman Problem (TSP) Dikenal Sebagai Suatu Permasalahan Yang Bersifat Nondetenninistic Polynomial-Time Complete, Dimana Tidak Ada Penyelesaian Yang Paling Optimal Selain Harus Mencoba Seluruh Kemungkinan Penyelesaian Yang Ada. Akan Tetapi, Bilamana Hal Tersebut Dilakukan, Akan Dibutt:Hkan Waktu Komputasi Yang Tidak Sedikit. Oleh Karena Itu Dibutuhkan Sebuah Metode Pencarian Heuristik Untuk Menyelesaikan Permasalahan Ini. Sementara Di Satu Sisi Yang Lain, Dalam Riset Di Bidang Optimasi Belum Ditemukan Satupun Metode Pencarian Yang Dapat Menjamin Ditemukannya Nilai Optimal Dalam Menyelesaikan Permasalahan Ini. Keberadaan Algoritma Genetika, Sebagai Sebuah Metode Adaptive Yang Berusaha Memecahkan Suatu Pencarian Nilai Dalam Sebuah Masalah Optimasi, Menjadi Salah Satu Alternatif Dalam Memecahkan Permasalahan Ini. Dalam Tugas Akhir Ini, Dibuat Sebuah Perangkat Lunak Untuk Menyelesaikan TSP Dengan Menggunakan Algoritma Genetika. Proses Algoritma Genetika Yang Digunakan Dirancang Sedemikian Rupa Sehingga Dapat Menyelesaikan Permasalahan Secara Akurat Untuk Permasalahan Ini. Tahapan Yang Dilakukan Pertama Kali Adalah Melakukan Pengkodean Yang Sesuai Untuk TSP. Yang Pada Gilirannya Dari Tahapan Ini Dibangun Populasi Dan Dari Sini Kemudian Dilanjutkan Dengan Proses-Proses Reproduksi Dan Rekombinasi Dari Algoritma Genetika. Selain Itu Untuk Menghindari Terjadinya Konvergensi Dini Dan Dominasi Individu-Individu Tertentu Pada Suatu Waktu, Maka Dilakukan Mekanisme Penyesuaian Dan Pemilihan Operator-Operator Yang Tepat Untuk Proses Rekombinasi. Sehingga Dari Algoritma Genetika Ini, Dihasilkan Nilai Optimum Dari TSP Berupa Jarak Lintasan Yang Paling Pendek. Dengan Perangkat Lunak Ini Pengguna Bisa Mendapatkan Nilai Optimal Suatu Rute TSP Dengan Lintasan Yang Benar. Perangkat Lunak Yang Dibuat, Dapat Ijikembangkanjlebih Lanjut Pada Permasalahan-Permasalahan Turunan TSP Seperti Desain Jaringan Telepon Dan Integrasi Sirkuit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Kus p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Nov 2018 07:11
Last Modified: 07 Nov 2018 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59743

Actions (login required)

View Item View Item