Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Data Mining Untuk Pencarian Pola Asosiasi Lokal Dalam Market Basket Data Dengan Menggunakan Algoritma Clasd

Maimun, Mohammad (2003) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Data Mining Untuk Pencarian Pola Asosiasi Lokal Dalam Market Basket Data Dengan Menggunakan Algoritma Clasd. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5197100003-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview

Abstract

Sudah Banyak Algoritma Data Mining Untuk Pencarian Pola Asosiasi Pada Basis Data Yang Sangat Besar Yang Sudah Diimplementasikan Dalam Beberapa Tugas Akhir Sebelumnya. Tetapi, Pada Umumnya Pencarian Pola Asosiasi Pada Algoritma-Algoritma Tersebut Dilakukan Secara Global Pada Keseluruhan Basis Data Sehingga Tidak Memungkinkan Untuk Menemukan Pola-Pola Yang Bersifat Lokal. Di Lain Pihak, Penggunaan Algoritma Pencarian Pola Asosiasi Pada Data Yang Sudah Terlokalisasi Memungkinkan Untuk Mendapatkan Pola Yang Lebih Spesifik Yang Akan Lebih Bennanfaat Untuk Pemasaran Yang Ditargetkan Untuk Tujuan-Tujuan Tertentu (Targetted Marketing). Dalam Tugas Akhir Ini Dibuat Sebuah Perangkat Lunak Pengekstraksi Pola Asosiasi Yang Didasarkan Pada Algoritma Clasd (Clustering For Associations Discovery) Yang Merupakan Salah Satu Teknik Untuk Pencarian Pola Asosiasi Pada Basis Data Yang Sudah Terklasterisasi. Secara Garis Besar Algoritma Clasd Terdiri Dari Tiga Tahapan Utama Yaitu, Pembentukan Perwakilan Klaster, Pembentukan Klaster-Klaster Berdasarkan Perwakilan Klaster Yang Terbentuk Sebelumnya, Dan Pencarian 1-Itemset Dan 2-Itemset Utama Untuk Masing-Masing Klaster Yang Terbentuk. Selain Itu, Dalam Tugas Akhir Ini Ditambahkan Algoritma Untuk Melakukan Pencarian Seluruh Itemset Utama Dan Pola Asosiasi Dari Masing-Masing Klaster. Perangkat Lunak Yang Telah Dibuat Diuji Coba Untuk Menggali Pola Asosiasi Pada Sejumlah Data Transaksi Sintetis Yang Dibangkitkan Dengan Menggunakan Perangkat Lunak Pembangkit Data Otomatis. Data Transaksi Yang Digunakan Adalah Market Basket Data Biasa Bukan Data Yang Bersifat Lokal, Karena Belum Adanya Pembangkit Data Sintetis Untuk Data Yang Bersifat Lokal. Hasil Uji Coba Menunjukkan Bahwa Algoritma Clasd Tidak Dipengaruhi Oleh Proses Pembacaan Basis Data, Tetapi Semakin Besar Jumlah Masukan Klaster, Maka Jumlah Total Itemset Utama, Pola Asosiasi Lokal Dan Waktu Komputasi Akan Semakin Besar Pula. Waktu Komputasi Dipengaruhi Juga Oleh Nilai Persentase Ambang Batas Rata-Rata Transaksi Dan Persentase Ambang Batas Total Transaksi, Dimana Waktu Komputasi Berbanding Lurus Dengan Persentase Ambang Batas Rata-Rata Transaksi, Tetapi Berbanding Terbalik Dengan Persentase Ambang Batas Total Transaksi. Hasil Uji Coba Perbandingan Dengan Perangkat Lunak Hybrid Menunjukkan Bahwa Perangkat Lunak Clasd Mampu Melakukan Proses Komputasi Yang Lebih Cepat Tetapi Membutuhkan Memori Yang Lebih Besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Mai p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:47
Last Modified: 12 Nov 2018 06:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59761

Actions (login required)

View Item View Item