Penggunaan Teknik Geometric And Topological Pattern Matching Untuk Menentukan Layout Ruang Akomodasi Abk Kapal Penumpang 1000 Orang

Wibowo, Totok Hari (2002) Penggunaan Teknik Geometric And Topological Pattern Matching Untuk Menentukan Layout Ruang Akomodasi Abk Kapal Penumpang 1000 Orang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4197100002-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bagian dari suatu proses perencanaan kapal adalah pembuatan Rencana Umum. Dan inti dari pembuatan Rencana Umum adalah penentuan ruang-ruang akomodasi dan penempatannya pada geladak akomodasi. Permasalahan yang akan timbul adalah jika seorang desainer merencanakan tata letak ruangan tersebut dari nol (from scratch). Cara cepat merencanakan tata letak ruang akomodasi tersebut yang sesuai dengan keinginan pemesan (owner) adalah dengan memanfaatkan desain lama (design reuse). Pendekatan yang memanfaatkan design reuse untuk pembuatan desain baru adalah pendekatan Case Based Reasoning (CBR) (Kolodner 1993). Untuk memecahkan permasalahan desain tata letak ruang akomodasi dipakai pendekatan Case Based Reasoning (CBR) in Design (Maher dkk. 1995). Dalam penarikan (recaU) desain lama ini digunakan teknik geometric and topological pattern matching yaitu mencari kesamaan desain tata letak ruang akomodasi yang baru dengan desain lama yang ada di case base berdasarkan tingkat kesamaan bentuk geometri dan kedekatan antar ruang. Pemanfaatan komputer akan lebih mempermudah dalam penarikan dan akan memberikan urutan desain dari yang mempunyai tingkat kesamaan bentuk dan kedekatan tertinggi sampai terendah, selanjutnya desain dengan kesamaan tertinggi yang akan dijadikan sebagai desain baru sesuai dengan keinginan pemesan. Dengan mempertimbangkan keuntungan tersebut, maka semua teknik diatas diimplementasikan kedalam sebuah program komputer yang disebut Sistem SpaceMan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.824 3 Wib p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 06 Nov 2018 08:50
Last Modified: 06 Nov 2018 08:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59771

Actions (login required)

View Item View Item