Analisis Perencanaan Kecepatan Kapal Ferry Cepat Surabaya – Banjarmasin Berbasis Biaya Operasional

Ariyanto, . (2004) Analisis Perencanaan Kecepatan Kapal Ferry Cepat Surabaya – Banjarmasin Berbasis Biaya Operasional. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4197100042-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

PT. ASDP ( Angk:utan Sungai Danau dan Penyeberangan ) sebagai operator KFC ( Kapal Feri Cepat ) khususnya di rute Surabaya - Banjarmasin yang akan dianalisis di Tugas Akhir ini harus bersaing dengan moda udara yang di operatori oleh perusahaan maskapai penerbangan sejak banyaknya bermunculan perusahaan maskapai penerbangan yang berakibat pada turunnya tarif untuk moda udara. Ketatnya persaingan tarif dan kualitas pelayanan baik pada saat embarkasi maupun debarkasi menjadikan perusahaan harus efisien terhadap biaya opersional dan berusaha meningkatkan profit sehingga kelangsungan perusahaan dapat sehat ( tidak rugi ). Salah satu variable yang mempengaruhi di moda laut atau pelayaran adalah kecepatan optimum kapal. . Pada Tugas Akhir ini akan menganalisis kecepatan kapal berbasis biaya operasional di mana ada korelasi antara kecepatan dan biaya operasional yang merupakan turunan hubungan dari waktu berlayar ( sea time), round trip per tahun, biaya operasional per tahun. Dengan mengacu pada turunan kecepatan dan biaya operasional tersebut dibuat grafik dan sensitifitas sehingga kecepatan berbasis biaya operasional adalah kecepatan yang menghasilkan biaya operasional per tahun yang paling minimum dan waktu layar yang paling minimum. Untuk menganalisis peri~aku biaya operasional dan pendapatan di gunakan teori total pendapatan ( total revenue ) dan total pengeluaran ( total cost ) dengan variasi Load Faktor sehingga bisa dikaji nilai profitnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 387.51 Ari a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM276.A1 Fuel (Including supplies, costs, etc.)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Nov 2018 04:12
Last Modified: 05 Nov 2018 04:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59773

Actions (login required)

View Item View Item