Perencanaan Sistem Rope Stopper Di Capstan Untuk Tarik Ulur Tali Tambat Secara Otomatis

Arina, Rr. Dian Nuur (2015) Perencanaan Sistem Rope Stopper Di Capstan Untuk Tarik Ulur Tali Tambat Secara Otomatis. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212106004-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4212106004-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buoy yang ditambat di lepas pantai akan mengalami
pembebanan dari kondisi lingkungan baik beban berupa arus, angin,
dan pasang surut air yang ada di sekitarnya. Hal ini berakibat
terhadap sistem tambatnya atau mooring system. Jika pada saat
kondisi lingkungan sedang ekstrem, tidak menutup kemungkinan tali
tambat yang ada akan terputus karena tidak dapat menahan beban
tegangan yang ada, sehingga dapat membahayakan kapal – kapal
yang ada disekitarnya. Langkah awal adalah proses perhitungan
beban mooring dengan dimensi buoy berdiamater 6 m, tinggi 4 meter
dan sarat air 2,5 meter dikondisikan dengan kondisi pasang surut dari
kondisi normal sampai dengan tinggi pasang air laut
0,5;2,5;4,5;6,5;7,5 dan surut -1,5meter, sehingga didapatkan hasil
tegangan mooring dalam kondisi ter-ekstrim yaitu 50,73kN dengan
sudut 80° pengaruh tekanan dari arus dan angin yang ada di daerah
sekitar. Langkah selanjutnya merancang dimensi drum sebagai
penggulung dari wire rope, setelah itu menghitung power dari motor
capstan dengan hasil sebesar 4,998 kW. Langkah terakhir yaitu
merancang sistem otomatis tarik ulur menggunakan software PLC
dengan menggunakan 2 buah sensor limit switch.
=======================================================================================================
Moored buoys in offshore has external force including from wind
condition, current condition, and tide sea. This case will affected on
mooring system. When environment condition on extreme level,it’s
possible the mooring line will be broken off beacuse the mooring
line can’t withstand for hold up the breaking load, so it will be
dangerous for ships which around the buoy. The first step is make
calculation of mooring load, the diameter of buoy is 6 meter, the
height is 4 meter, and the draft is 2,5 meter, with tide variation
condition 0,5;2,5;4,5;6,5;7,5 and -1,5 meter, so that the result of
mooring tension in extreme condition at angle 80 ° is 50,73kN. Next
step is design for dimension of drum, the function of the drum is for
rolling the wire rope, after that calculation for power of motor
capstan, and the result is 4,998 kW. The last step is designing
automatically system with software PLC, this system using two
sensor limit switch.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 627.32 Ari p
Uncontrolled Keywords: Buoy, mooring system, pengaruh lingkungan sebagai pertimbangan mooringsystem, PLC
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:06
Last Modified: 09 Oct 2018 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59775

Actions (login required)

View Item View Item