Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Perancangan Proteksi Katodik Metode Sacrificial Anode (Studi Kasus Pemasangan Pipa Gas Bawah Tanah Jalur Simomulyo - Bintoro)

Wijaya, Dony (2000) Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Perancangan Proteksi Katodik Metode Sacrificial Anode (Studi Kasus Pemasangan Pipa Gas Bawah Tanah Jalur Simomulyo - Bintoro). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4394100029-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Korosi merupakan proses a/am yang dapat terjadi pada setiap logam dan campurannya. Akibat yang yang ditimbulkan dari korosi ini merupakan hal yang ditakuti karena akan sangat merugikan, Karena itu perlindungan terhadap terjadinya korosi menjadi sangat penting untuk dipelajari. Dalam Tugas Akhir ini dikembangkan sebuah perangkat lunak (Software) yang diberi nama "SA-Cp". SA-Cp adalah sebuah piranti lunak yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 4.0 Piranti lunak SA-Cp ini dikembangkan untuk menghitung berat anoda, berapa jumlah yang harus digunakan untuk perlindungan struktur, serta menentukan jarak pemasangan antar anode dan menghitung usia efektif anode yang telah dipasang.Perhitungan perancangan dengan softwere ini mampu memberikan akurasi perhitungan yang cermat terbukti dengan tidak adanya perbedaan yang tampak jika dibandingkan dengan perhitungan biasa yang lebih memakan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 005.1 Wij p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 01 Nov 2018 05:57
Last Modified: 01 Nov 2018 05:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59779

Actions (login required)

View Item View Item