Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Analisa Bouyant Jet Tunggal Dengan Metode Probabilistik

Kurniawan, Dadang (2002) Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Analisa Bouyant Jet Tunggal Dengan Metode Probabilistik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4398100047-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4398100047-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Peraturan lingkungan laut yang berkembang sekarang ini , telah mengakomodasi· aspek probabilitas di dalam mendefinisikan kualitas air !aut. Konsep mixing zone berguna di dalam perencanaan ocean outfall untuk mengevaluasi apakah beban pencemaran masih berada dibawah standar daya dukung lingkungan !aut atau tidak. Akan tetapi pada umumnya analisa mixing :::one dilakukan dengan metode
deterministik sehingga menyebabkan tidak diketahuinya derajat ketidakpastian hasil analisis dan berpotensi mengasilkan kesimpulan tidak tepat. Sayangnya software yang berkembang di masyarakat untuk permodelan ocean outfall pada saat ini tidak mengakomodir pennodelan probabilitas. Oleh karena itu dalam tugas akhir"' Pengembangan Perangkat Lunak untuk Analisa Bouyant Jet Tunggal dengan Metode Probabilitas " ini akan menghasilkan sebuah program Visual Basic for Application (VBA) yang akan memudahkan pengguna di dalam memodelkan ocean ou(fa/1 jenis bouyant Jel tunggal. Pada software ini akan dimodelkan tiga daerah penyebaran, yaitu nearfield, intermediate region dan jar
filed. Kelebihan dari software ini adalah telah mengikutsertakan factor ketidakpastian input model , koefisien model dan error term. Selain itu keunggulan lainya adalah di dalam pennodelan hidrodinamika ini telah memasukkan dua fenomena penyebaran pada daerah far field yaitu buoyant .~preading dan turbulent d?fusion. Prosedur simulasi di dalam analisa mixing zone menggunakan Simulasi Monte Carlo dan prosedur sampling memakai metode Latin Hypercube Sampling untuk memperpendek waktu simulasi dan mempertahankan akurasi output. Adapun output dari perangkat lunak ini adalah daerah penyebaran zona konsentrasi produced water hasil simulasi yang ditampilkan pada chart sw.face.· Dari data case study North Sea dan Bass Strait, telah dilakukan analisa mixing :::one dan mengevaluasi konsentrasi polutan produced water yang dihasilkan dengan membandingkannya dengan badan standar lingkungan yang ada. Untuk mengetahui akurasi dari simulasi mixing :::one maka dibandingkan hasil output dari software yang penulis kembangkan dengan hasil output pada penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Evaluasi perbandingan menunjukkan hasil konsentrasi produced water yang relatif sama.
Sehingga dari hasil perhitungan tugas akhir ini cukup layak untuk dipergunakan dalam analisa dan pengambilan kesimpulan yang sesuai dengan batasan-batasan yang diberikan di dalam tugas akhir ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 005.1 Kur p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:41
Last Modified: 31 Oct 2018 07:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59782

Actions (login required)

View Item View Item