Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pencocokan Obyek Dengan Deformable Template Yang Menggunakan Representasi Kurva B-Spline

Ikhsanto, Zuli (2000) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pencocokan Obyek Dengan Deformable Template Yang Menggunakan Representasi Kurva B-Spline. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2692100018-udergraduate thesis.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview

Abstract

Pencarian Obyek Berdasarkan Bentuknya Dari Suatu Citra Yang Komplek Telah Banyak Diaplikasikan Sebelumnya. Pada Awalnya Obyek Yang Dapat Dikenali Adalah Bersifat Rigid (Kaku). Dalam Tugas Akhir Ini Pencarian Dilakukan Dengan Menggunakan Suatu Deformable Template Sehingga Obyek Yang Dapat Dikenali Bersifat Lebih Elastis. Untuk Membentuk Deformable Template Digunakan Suatu Prototipe Template Yang Menggambarkan Kontur/Tepi Dua Dimensi Dari Suatu Obyek Dalam Bentuk Bitmap Dan Set Parameter B-Spline. Proses Pencocokan Dilakukan Dengan Cara Mendeformasi Deformable Template Ke Arah Tepi Obyek. Deformasi Dilakukan Dalam Dua Tahap, Yaitu: Global Dan Lokal. Deformasi Global Dilakukan Dengan Proses Translasi, Rotasi, Dan Generalized Hough Transform (Ght). Sedangkan Deformasi Lokal Dilakukan Dengan Cara Mernindahkan Control Point Ke Arah Tepi Obyek Terdekat Dengan Menggunakan Metoda Descent Gradient. Proses Pencocokan Itu Sendiri Dilakukan Dengan Menggunakan Algoritma Multiresolution Coarse-To-Fine. Proses Pencocokan Ini Dilakukan Secara Bertahap Pada Tiga Tingkatan Resolusi, Yaitu: Coarsest, Finer, Dan Finest. Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Bayesian,Informasi Prior Dan Likelihood Digunakan Untuk Menemukan Suatu Nilai Kecocokan Antara Deformable Template Dengan Obyek Dalam Citra Masukan. Dari Proses Pencocokan Ini, Obyek Yang Dapat Dikenali Adalah Obyek Berbentuk Kurvalpoligon Yang Terbukaltertutup Dengan Tidak Dibatasi Oleh Posisi,Orientasi, Dan Ukuran Yang Telah Ditentukan. Selain Itu, Perangkat Lunak Yang Telah Dibuat Dapat Juga Digunakan Untuk Melakukan Pencarian Obyek Dati· -Citra Masukan Yang Banyak Jumlahnya Dengan Menggunakan Sebuah Deformable Template.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Ikh p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:18
Last Modified: 31 Oct 2018 07:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59786

Actions (login required)

View Item View Item