Optimisasi Gerakan Alat Bongkar Muat Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Operasi Dan Produktivitas Pelabuhan Petikemas

Santoso, Agus Wahyu (1998) Optimisasi Gerakan Alat Bongkar Muat Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Operasi Dan Produktivitas Pelabuhan Petikemas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4196100509-.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview

Abstract

Untuk Proses Bongkar Muat Peti Kemas Atau Container Di Pelabulwn (Dermaga), Pemililwn Rule Atau Lintasan Dari Peralatan Gantry Crane Terutama Spreader Olelz Operator Lzarus Benar-Benar Dipilih Rute Atau Lintasan Yang Terpendek Atau Yang Paling Optimal Selzingga Efisiensi Dan Produktivitas Pelabulzan Dapat Ditingkatkan. Kendala Utama Yang Dilwdapi Disini Adalalz Pemililum Rule Atau Lintasan Yang Paling Optimal Dikarenakan Pengalaman Operator Yang Kurang Berpengalaman Dan Terbatasnya Fasilitas Untuk Mengetalwi Secara Cepat Dan Tepa! Penempatan Spreader Diatas Container. Akibatnya Waktu Bongkar Muat Menjadi Bertambalz Lama, Selzingga Secara Akumulatif Dapat Merugikan Pemilik Kapal (Pelayaran) Sebagai Konsumen Dan Pilwk Pelabulum Sebagai Pemberi Jasa Pelayallajl Langkah Yang Dapat Dilakukan Dalam Me11gatasi Hal Tersebut Adalalz De11gall Me11goptimalkan Rute Atau Lintasa/L Gerakall Spreader Agar Diperoleh Jarak Yang Terpendek. Dengan Program Optimisasi Linear Menggunakan Program Lindo (Linear, Interactive And Discrete Optimizer) Maka Dapat Ditentukan Gerakan Spreader Yang Paling Optimal Dari Beberapa Rule Atau Lintasan Yang Ada, Selzingga Baik Oleh Operator Yang Berpengalaman Maupun Yang Belum Berpengalaman Akan Dapat Menglzasilkan Gerakan Dari Spreader Yang Paling Optimal. Dengan Penggunaan Program Optimisasi Di Alas Akan Didapatkan Ejisiensi Waktu Dengan Lebilz Mempersingkat Waktu Pengoperasian Peralatan Bongkar Muat Dalam Hal Ini Spreader Serta Meningkatkan Produktijitas Pelabulwn Petikemas Dengan Semakin Meningkatnya Jumlalz Container Yang Dapat Dilayani Baik Itu Pembongkaran Maupun Pemuatan Container Dari Kapal Pemakai Jasa Pelabuhan Petikemas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.888 1 San o
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 31 Oct 2018 04:22
Last Modified: 31 Oct 2018 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59792

Actions (login required)

View Item View Item