Metode Simulasi Komputer Untuk Tinjauan Dynamics Behaviour Dari Sistem Hydraulic Bow Thruster

Arayana, Wisnu A.K (1996) Metode Simulasi Komputer Untuk Tinjauan Dynamics Behaviour Dari Sistem Hydraulic Bow Thruster. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4290100012-.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview

Abstract

Baling-baling sebagai penggerak kapal (screw propelled ship) mulai dipergunak.an saat dilakukan uji manuver pertama kali sekitar tahun 1844 di Stockton Collier1 • Pada saat itu dipergunakan baling-baling sebagai penghasil daya dorong (thrust) yang ditempatkan dengan arah melintang kapal seperti tampak pada Gam.bar 1-1. Pemasangan dilakukan pada kapal St. Lawrence ( dipersenjatai dengan 46 pucuk meriam) dengan tenaga penggerak baling-baling di1akukan oleh sepuluh orang ABK, setara dengan 1,5 HP mampu melakukan manuver sebesar 32 derajat dari kedudukan awalnya dalam. waktu 25 menit melawan hambatan ombak sebesar 3 mil/jam. Aplikasi modem pertama dari screw propeller untuk manuver kapal yang ditempetkan pada bagian baluan kapal, dapat menghasilkan kemampuan manuver yang baik walaupun saat kecepatan kapal rendah atau mendekati nol (tidak bergerak) dimana ~ peran kemudi tidak lagi dapat berpengaruh dalam. kemampuan manuver. Propeller untuk kemampuan manuver tersebut kemudian dikenal dengan sebutan bow tii1'11Ster. Dalam. beberapa dekade terakhir, seiring dengan meningkatnya kebutuhan melakukan manuver pada kapal, dicoba melakukan pemswmgan thruster untuk manuver dibagian buritan ~ dikenal dengan nama stem th1'11Ster. Tabel 1-1 menunjukkan latar belakang pendukung teljadinya perkembangan thruster dan Tabel 1-2 menunjukkan beberapa variasi dari basil perkembangan desain thruster. 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.870.113 Ara m
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC555 Spillways. Energy dissipation. Hydraulic jump.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 31 Oct 2018 06:10
Last Modified: 31 Oct 2018 06:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59795

Actions (login required)

View Item View Item