Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Merencanakan Baling-Baling Kapal Dengan Teori Vortex

Susilo, Budi (1999) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Untuk Merencanakan Baling-Baling Kapal Dengan Teori Vortex. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4193100003.pdf - Published Version

Download (41MB) | Preview

Abstract

Teori vortex dalam perencanaan baling-baling kapal dapat memberikan penjelasan yang baik tentang bagaimana tetjadinya dan perhitungan g51ya dorong yang dihasilkan oleh baling-baling, sehingga penentuan geometri dan karakteristik balingbaling yang optimum pada kondisi kapal yang direncanakan dapat diperhittmgkan dengan teliti. Prinsip perencanaan baling-baling dengan teori vortex adalah mencari bentuk geometri dan karakteristik yang optimum, yang dapat menghasilkan aliran sirkulasi fluida yang baik disekitar baling-baling, sehingga efisiensi baling-baling yang dihasilkan adalah optimal. Dalam prakteknya teori vortex tidak mudah diterapkan, banyak perhitungan matematis yang melibatkan konsep hidrodinamik untuk menjabarkan teori tersebut. Untuk menerapkan teori vortex dalam perencanaan baling-baling kapal dapat digunakan metode yang diberikan oleh M. K. Eckhardt dan W. B. Morgan. Metode ini dapat diaplikasikan untuk baling-baling dengan jumlah daun antara 3 s/d 6. Hasil dari gaya angkat (lift) pada setiap radius penampang dievaluasi menggtmakan teori sirkulasi (r) yang diberikan oleh Goldstein. Penggunaan aplikasi komputer dapat memberikan perencanaan baling-baling yang lebih efisien dan efektif. Sedangkan pembacaan diagram yang digunakan dalam perhitungan perencanaan dapat diatasi dengan mendefinisikan lengkung kurva dan permukaan dengan metode Basis Spline yang sekaligus secara otomatis diperhitungkan oleh komputer. Adanya beberapa tipe penampang aerofoil yang diberikan oleh NACA dapat memberikan alternatif pemilihan terhadap bentuk dan karakteristik dari balingbaling yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.873 Bud p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Oct 2018 05:42
Last Modified: 23 Oct 2018 05:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59811

Actions (login required)

View Item View Item