Studi Eksperimental Pengaruh Pemasangan Spray Strips Pada Kapal Cepat

Tanmyono, Hambar (2004) Studi Eksperimental Pengaruh Pemasangan Spray Strips Pada Kapal Cepat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4197100025.pdf]
Preview
Text
4197100025.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Spray/ semburan air yang terjadi ketika kapal cepat sedang berlayar akansemakin membesar seiring dengan bertambahnya kecepatan kapal tersebut. Pemasangan spray strips pada kapal cepat akan menimbulkan perubahan terhadap besarnya tahanan dan aral1 spray/semburan yang dihasilkan. Penelitian dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika FTK-ITS dengan menggunakan model kapal cepat yang telah ada. Sebanyak enam kondisi model yang digunakan dalam percobaan dengan masing-masing kondisi ditarik dengan variasi kecepatan (Fn) mulai dari 0,28- 0,48. Dalam penelitian ini, model dengan kondisi tanpa spray strip dijadikan pembanding terhadap kondisi lainnya dan diamati pengaruh dari pemasangan spray strip terhadap perubahan tahanan dan arah spray/semburan. Dari hasil penelitian, spray strip yang dipasang pada semua kondisi temyata efektif untuk mengubah spray /semburan yang terjadi ke arah samping model sedangkan untuk pemasangan dua spray strips sekaligus pada model akan memberi pengaruh paling besar terhadap nilai tahanan total yang dihasilkan yaitu sebesar 20,3% lebih kecil bila dibandingkan dengan model dengan kondisi tanpa spray strip sedangkan untuk pemasangan hanya satu spray strip pada model hanya 8,2% lebih kecil daripada model tanpa spray strip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.81 Tan s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Oct 2018 05:35
Last Modified: 22 Oct 2018 05:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59820

Actions (login required)

View Item View Item