Optimasi Pengadaan Peralatan Angkat (Material Handling) Di Galangan Kapal P.T. Ben Santosa Surabaya

Hutasoit, Toby Ebenezer (2006) Optimasi Pengadaan Peralatan Angkat (Material Handling) Di Galangan Kapal P.T. Ben Santosa Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4198100001.pdf - Published Version

Download (63MB) | Preview

Abstract

Waktu reparasi pada galangan PT. Ben Santosa, sangat dipengaruhi oleh waktu proses reparasi replatingnya, dengan mengoptimasi waktu pengerjaan reparasi replating maka secara otomatis akan didapatkan waktu reparasi yang Optimal Untuk: mengoptimasi waktu replating maka kita perlu untuk: mengoptimasi waktu pengerjaan operasi-operasi yang dilakukan pada proses replating(pelepasan pelat, pemasangan pelat dan proses Material Handling). Dalam penelitian ini dilakukan penelitian tentang alat angkat yang bagaimana yang dapat memberikan waktu replating yang optimal. Selain itu juga diteliti tentang bagaimana prosedur pengoperasian alat angkat agar didapatkan waktu replating yang optimal. Keoptimalan alat angkat dilihat dari waktu replating yang paling minimum yang dicapai. Hasil penelitian pada Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa waktu replating akan semakin minimal dengan dilakukannya penjadwalan urutan pelat mana yang yang terlebih dahulu dikerjakan sampai dengan pengerjaan pelat terakhir. Waktu replating juga akan semakin berkurang seiring dengan pertambahan jumlah tim yang mengerjakan replating, namun pemilihan jumlahtim kerja ini dipertimbangkan dari nilai ketersediaan waktu alat angkat untuk melakukan proses Material Handling non replating seperti perbaikan poros kemudi, propeller dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.867 Hut o
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:10
Last Modified: 22 Oct 2018 06:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59823

Actions (login required)

View Item View Item