Penggunaan Teknik Topological Pattern (Graph) Matching Dalam Pemilihan Desain Tata Letak Galangan Kapal

Prasetyo, Irawan (2001) Penggunaan Teknik Topological Pattern (Graph) Matching Dalam Pemilihan Desain Tata Letak Galangan Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4198100511.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview

Abstract

Salah satu tahapan dari desain suatu sistem produksi rada galangan kapal adaLah perencanaan lata ietak gatangan kapai yang merupakan fase awai dan terpenting untuk proses seiwyutnya yang hasii desainnya akan mempengaruhi ejisiensi, pembentukan labo Jan kelangsungan dari galangan kapal tersebut. Adanya permasalahan waktu penyeiesaian perencanaan dari sebuah tata Letak merupakan pertanyaan yang horus dapat dijawah oieh seorang desainer untuk dapat mengembangkan ide atau gagasannya sehingga diperolehpenyeiesaiannya. Salah satu cora adaiah dengan memanjcwtkan desain yang sudah ada sehagai referensi dalam menyeiesaikan sehuah desain baru.Tujuan daiam penulisan ini adalah mengurangi waktu dan proses perencanaan Jengan menggunakan salah satu teknik Jalam Case Base Reasoning (CBN.) yaitu teknik Topological Pattern (Graph) Jvlatching yang diaplikasikandalam sebuah sistem yang Jikemhangkan dan dinamakan AJSY (Art[ficiai inteiiigencefor Design Retrieval rf Shipyard iayouL.). Dengan pendekatan CBR akan mewujudkan. keinginan. dari desainer tersehut untuk dapat menguran.gi hehan keran.ya. Pengurangan. itu adalah –waktu yang diperiukan daiam proses sehingga menjad1 iehih singkat karena desaina tidak pCrlu melakukan perencanaan dari awal. Dengan itu, desainer dapat iebih menitikherutkun pekerJaunnyu untuk meningkatkan mutu Jesain. Melalui penerapan teknik Topological Fattern (Graph) lvfatching akan dJdapatkan reievansi terbaik antara Jesain-desain tala ietak lama dengan desain haru sehingga diperoieh angka kesamaan tetinggi. Dengan dukun.gc:n komputer sebagai aiat bantu daiam mengimplementasikan teknik di alas okan dipresentasikan sitem Aj,')'Y yang ukan .'11.ewujudkan pemanfaatan desain-desainlama menjadi soh1si dari proses desain baru. Dari hasii yang diperoleh dalam pengy;ian terhadap sistem AiSY dengan objek layout gaiangan kapai menunjukkan huhwa sistem tersebut mempunyai kemampuan dan konsistensi dalam pelaksanaan proses pallern mulching antm-a template dengan. data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.83 Pra p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Oct 2018 02:22
Last Modified: 23 Oct 2018 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59824

Actions (login required)

View Item View Item