Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Fungsi Basis Radial

Erlangga, Wisdarmanto (2002) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Pengenalan Wajah Dengan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Fungsi Basis Radial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5196100047.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Pengenalan wajah merupakan pekerjaan yang sulit dikarenakan pada proses pembentukan citra terdapat bermacam-macam variabel, seperti kuahtas dan pencahayaan citra, geometri, perubahan, dan penyamaran citra. Kebanyakan sistem pemroses citra wajah yang terdapat saat ini hanya dapat menangani basis data citra dengan batasan berupa ukuran citra, umur, jenis kelamin, dan/atau ras. Jaringan syaraf tiruan Fungsi Basis Radial (Radial Basis Function) memiliki beberapa kelebihan jika diterapkan sebagai pengklasifikasi dari sistem pengenalan wajah yaitu pada tahap pembelajaran yang diawasi proses konvergen dapat dicapai dengan cepat, mempunyai kemampuan untuk mengelompokkan citra-citra serupa sebelum mengklasifikasikannya dan kemarnpuan mengenali citra wajah lebih dari satu orang, tanpa memandang berbagai ekspresi wajah yang ada. Dalam tugas akhir ini dibuat sistern pengenalan wajah yang dirnulai dengan mendeteksi sebuah citra dengan mencari bagian mana yang merupakan wajah, lalu menandainya dengan sebuah kotak, kemudian dilanjutkan dengan menonnalisasi citra wajah berdasarkan geometri dan perubahan pencahayaan berdasarkan kotak yang menandai wajah/lokasi mata. Citra temorrnalisasi tersebut kemudian direpresentasikan rnenjadi sebuah vektor linear yang berisi urutan piksel dari citra tersebut. Dengan menggunakan algoritma k-means clustering, pada tahap pelatihan tidak terawasi, data pelatihan yang berisi beberapa vektor linear dikelompokkan berdasarkan kemiripannya. Hasil pelatihan yang didapat dari sistem merupakan hasil perhitungan fungsi basis radial gaussian pada layer hidden yang terdiri dari bobot, mean, varian dari tiap-tiap unit hidden dan jumlah unit hidden. Setelah parameter tersebut didapat maka proses pengenalan wajah dapat dil akukan. Dengan penggunaan data pelatihan yang telah dipilih berdasarkan variasi data yang mewakilinya, perangkat lunak pengenalan wajah yang telah berhasil dibuat dapat memberikan prosentase keberhasilan pengenalan sebesar 97,84% dengan waktu komputasi untuk proses pelatihan, untuk 18-5 citra milik 37 rnacam individu, hanya memetlukan waktu kurang dari 5 menit dan proses pengenalan hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 5 detik dari berbagai macam citra dengan ekspresi wajah yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf cos.q Erl p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:39
Last Modified: 16 Oct 2018 07:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59844

Actions (login required)

View Item View Item