Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Aset Tanah Berbasis Web Geografis Menggunakan Map Guide 6.0 Studi Kasus Dinas Pengelolaan Tanah Dan Rumah Pemerintah Kota Surabaya

Ilmayani, . (2004) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Aset Tanah Berbasis Web Geografis Menggunakan Map Guide 6.0 Studi Kasus Dinas Pengelolaan Tanah Dan Rumah Pemerintah Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5199100045-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tanah mentpakan salah satu bagian dari sumber daya alam yang sangat penting keberadaannya, karena tanah dapat bemilai sebagai harta kekayaan atau aset tetap yang dimiliki oleh seseorang atau suatu pihak. Dalam pengolahannya, informasi tentang keberadaan status tanah harus jelas agar tidak menimbulkan sengketa di mau mendatang. Saat ini, data tentang aset tanah milik Pemerintah Kola Surabaya masih belum terstruktur dan tersimpan dengan baik. Data yang ada bempa data lembaran peta dalam buku dengan skala besar yang terpisah dengan lembaran informasi data kepemilikannya. Pada Tugas Akhir ini akan dirancang dan dibuat sebuah Sistem Informasi Asel Tanah Pemerintah Kota dengan menggunakan metodologi SIG dalam pengolahan petanya sehingga menghasilkan sebuah sistem informasi berbasis web geografis, yang diharapkan mampu menggabungkan data atribut dan data spasial da/am satu aplikasi serta memberikan informasi tentang aset tanah secara global kepada masyarakat luas. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Autodesk MapGuide 6. 0, dimana aplikasi ini beifungsi untuk menggabungkan berbagai data dalam berbagai format file pemetaan, database dan bahasa pemrograman (seperti ,file mapinfo, file autocadmap, file raster, file mapguide, file database Oracle dan file scripting ASP). Sedangkan pemodelan sistem infi)rmasi menggunakan artifacts diagram pemodelan UML. Uji coba yang dilakukan menggunakan dua skenario yang didapatkan dart studi kasus yang ada pada Dinas Pengelolaan Tanah dan Rumah Pemerintah Kota Surabaya. Skenario yang pertama adalah uji coba pada sistem informasi untuk memproses ijin pemutihan pemakaian tanah pemerintah kota, yang meliputi berbagai proses dan validasi yang dilakukan oleh pengguna, baik pemohon maupun pegawai. Skenario kedua adalah uji coba apabila ada sebuah kasus milslaag a tau tukar guling yang dilakukan oleh pihak pemerintah kota surabaya, dimana pada uji coba ini pegawai hams bisa mengupdate gambar peta lalu meng-uploadnya kembali kedalam sistem. Uji coba berhasil dilakukan dengan baik. Menandakan bahwa sistem bisa dterapkan secara /angsung dan bermanfaat bagi semua pihak yang bersangkutan, baik pemohon maupun pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Ilm p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:35
Last Modified: 16 Oct 2018 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59845

Actions (login required)

View Item View Item