Komputerisasi Standar Penyimpangan Dan Perbaikan Pada Proses Produksi Kapal

Febion, Teddy Krishna (1997) Komputerisasi Standar Penyimpangan Dan Perbaikan Pada Proses Produksi Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4192100019-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembangunan kapal di beberapa galangan nasional masih membutuhkan waktu yang lama serta mutu konstruksi yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh besarnya volume pekerjaan ulang (rework) akibat penyimpangan bentuk dan dimensi komponen badan kapal di luar toleransi yang diperkenankan. Penyimpangan yang sering terjadi pada proses pembangunan kapal ini sangat dipengaruhi oleh deformasi material, peralatan bending! potongl las yang digunakan, kualifikasi tenaga kerja dan urutan pengerjaanya. Disamping itu, permasalahan a/at ukur yang tepat, metode pengukuran dan teknik perbaikan atas penyimpangan bentuk dan dimensi komponen tersebut masih membutuhkan penjabaran yang lebih lanjut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dibuat data base mengenai segala bentuk penyimpangan dan perbaikan, dimana data ini sangat membantu dalam menentukan penyimpangan yang terjadi yang kemudian penyimpangan tersebut dapat di identifikasi menurut jenis penyimpangannya, baik penyimpangan material, peralatan, penyimpangan dimensi dan sebagainya. Sebagai hasil dari database ini maka akan dapat memudahkan dan mempercepat dalam menentukan perbaikan apa yang perlu dilakukan. Sehingga akan mempersingkat waktu dalam proses produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.810 285 Feb k
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:52
Last Modified: 15 Oct 2018 08:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59850

Actions (login required)

View Item View Item