Rancang Bangun Perangkat Lunak Untuk Mengubah Model 3 Dimensi Menjadi G-CODE Bagi Mesin CNC

Tandawidjaja, Stefan Feliciano (2015) Rancang Bangun Perangkat Lunak Untuk Mengubah Model 3 Dimensi Menjadi G-CODE Bagi Mesin CNC. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2211100093-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin CNC adalah mesin yang pergerakan dan fungsi dari tool– toolnya dikontrol melalui sebuah program yang berisi kode data alfanumerik. Teknologi seperti CNC dapat dimanfaatkan bidang industri khususnya industri kreatif yang identik dengan benda atau produk yang berbentuk unik dan kompleks dalam jumlah yang banyak. Mesin CNC sangat dibutuhkan karena dewasa ini, kebutuhan dan permintaan akan benda atau produk yang memiliki nilai seni semakin meningkat. Produkproduk seni sangat dibutuhkan pada berbagai bidang, khususnya pada bidang disain interior yang menghasilkan produk, yang biasanya berupa furnitur, dengan motif dan bentuk yang unik. Perangkat lunak dirancang menggunakan integrated development environment atau IDE berupa Lazarus untuk membaca data berupa vertex dan face dari model 3 dimensi yang dibangun pada perangkat lunak animasi Blender. Data yang didapat, kemudian akan diolah menjadi titik-titik koordinat kartesian yang berfungsi sebagai jalur pergerakan tool dari mesin CNC. Dengan koordinat kartesian yang didapat, G-code yang sesuai akan dihasilkan untuk disimulasikan pada perangkat lunak untuk simulasi msin CNC, yaitu OpenSCAM, sebelum diberikan pada mesin CNC. Pengujian dilakukan pada 8 buah data yang merupakan grafis komputer 3 dimensi yang dikelompokkan pada tiga kategori, yaitu model sederhana, model dengan tingkat kerumitan sedang, dan model kompleks. Waktu proses mesin CNC rata-rata ketiga kategori pada material berbahan medium density fibreboard atau MDF dengan luas 30 cm x 30 cm adalah 535 detik, 1361 detik, dan 3236 detik. ======================================================================================================= A CNC machine is a machine which tools’ movements and functions are controlled by a program that contains alphanumeric data code. Technology like the CNC can be used on many industrial field, especially in the creative industry known for its unique and complex product in a large amount. CNC machine are needed nowadays because the demand for products with artistic values are increasing. Products ith artistic values are needed on many fields, especially interior design, which produce product, usually furnitures, with unique form and motif. To simplify the process of cutting or forming the motif and form, a software is designed in this thesis. Software are designed using integrated development environment or IDE, Lazarus, to read vertex and face data from 3-D models constructed from animation software, Blender. The acquired data are then processed and converted to Cartesian coordinates which function as a toolpath for CNC machine. With the acquired Cartesian coordinates, the G-code will be simulated on a CNC simulator, OpenSCAM, before fed to the CNC Machine. The experiments are conducted on eight piece of data which are 3-D computer graphics that are grouped into three categories, simple model, medium complexity model, and complex model. The average CNC machine process time for the three categories on a medium density fibreboard or MDF with 30 cm x 30 cm size are 535 seconds, 1361 seconds, and 3236 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 005.12 Tan r
Uncontrolled Keywords: CNC, Perangkat Lunak, Model 3-D.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:47
Last Modified: 15 Oct 2018 06:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59865

Actions (login required)

View Item View Item