Model sumulasi diskrit perancangan jadwal untuk penentuan jumlah perjalanan maksimum kereta api barang jalur ganda Surabaya-Jakarta

Husna, Nabilla (2015) Model sumulasi diskrit perancangan jadwal untuk penentuan jumlah perjalanan maksimum kereta api barang jalur ganda Surabaya-Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2511100017-Undergraduate_Theses-ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Angkutan kereta api di Indonesia dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). PT KAI mengelola pengoperasian kereta api dalam tiga bentuk layanan transportasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan jalur ganda kereta api di Indonesia yang digunakan untuk melakukan pengiriman barang. Obyek amatan penelitian ini adalah jalur ganda untuk rute Surabaya – Jakarta meliputi stasiun Kalimas Surabaya hingga stasiun Kapas di Bojonegoro. Penelitian ini digunakan untuk membandingkan waktu tempuh kereta api setelah menggunakan jalur ganda. Metode penyelesaian yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi dengan menggunakan perangkat lunak Arena 14.0. Skenario yang dirancang digunakan untuk mengukur kemampuan maksimum dari perjalanan kereta api setiap harinya. Penelitian ini menguji rancangan jadwal baru dalam empat skenario berbeda. Setiap skenario 1,2,dan 3 masing-masing menambahkan 1,2, dan 3 kali tambahan perjalanan yang akan dilakukan kereta api. Hasil dari simulasi 4 skenario tersebut akan dibandingkan untuk melihat pengaruh penambahan jadwal terhadap waktu tempuh kereta api. Hasil dari perbandingan 4 skenario itu, diputuskan bahwa dengan semakin banyaknya jumlah perjalanan kereta api, maka akan membuat waktu tempuh dari stasiun awal ke stasiun tujuan menjadi lebih panjang. Semua skenario tersebut juga dibandingkan dengan jumlah perjalanan yang dihasilkan dari setiap kereta api untuk memperkirakan jumlah pengiriman barang yang dapat dilakukan. Dari 14 kereta api barang yang digunakan sebagai obyek amatan diputuskan bahwa, dalam sehari sebenarnya kereta tersebut masih mampu melakukan perjalanan hingga 2 kali sehari dilihat dari segi waktu tempuhnya. ============================================================================================= Train transportation in Indonesia is maintained by PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). PT KAI takes the responsibility to control the operational of train in three different ways of mass transportation. This research is focusing on usage of double track for logistic train in Surabaya – Jakarta from Surabaya Kalimas station to Bojonegoro Kapas station. This research compares the travelling time of logistic train after using double track. The solving method of this research is simulation method that uses Arena 14.0 software for generate the simulation discrete model. The scenario will use for measuring maximum ability of train travelling each day. This research tests 4 different scenarios of new plan in scheduling of train’s departure. For each scenario 2,3 and 4 will add 1,2, and 3 times new travelling schedule for each logistic train. The result from 4 scenarios will be compared to identified the affect of create new schedule for train travelling time. Based on the results in comparing 4 different scenarios, decides that more schedule of travelling time for logistic train can cause the travelling time from beginning station to end station becomes longer. All of scenarios also compare with number of train trip from the new schedule of departure. From 14 logistic train that becomes experiment object decides that actually the train can travel until 2 times each day based on travelling time of the train.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.403 52 Hus m
Uncontrolled Keywords: simulasi; waktu tempuh; jalur ganda
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD56.25 Industrial efficiency--Measurement. Industrial productivity--Measurement.
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:04
Last Modified: 16 Oct 2018 04:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59872

Actions (login required)

View Item View Item