Perencanaan Dan Penjadwalan Aktivitas Distribusi Dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus : Industri Sepatu Mr. Pink)

Wardhani, Arie Restu (2005) Perencanaan Dan Penjadwalan Aktivitas Distribusi Dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP) (Studi Kasus : Industri Sepatu Mr. Pink). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2502201022.pdf - Published Version

Download (45MB) | Preview

Abstract

Perusahaan Mr. Pink merupakan perusahaan sepatu wanita dimana sistem distribusi yang digunakan adalah sistem Pull. Karak1eristik dari sistem Pull adalah keputusan pemenuhan produk dibuat oleh distribution center dan pemesanan produk ke central supply atau ke pabrik tanpa mempertimbangkan pennintaan dan persediaan distribution center lainnya. Hal ini menyebabkan permintaan yang sangat fluktuatif dan safety stock yang dibutuhkan cukup besar. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan perencanaan distribusi yang baik sehingga dapat mengalokasikan kebutuhan produk pada masing-masing agen . Salah satu metode perencanaan distribusi adalah dengan menggunakan Distribution Requirement Planning (DRP). DRP mempakan proses manajemen yang menentukan kebutuhan persediaan distribution center dan agen untuk memastikan bahwa sumber persediaan dapat memenuhi permintaan. Selanjutnya ditentukan jadwal dan rute kendaraan minimal dengan metode Penghematan Clarke-Wright (Clarke !fright Saving Method). Metode penghematan clarke-wright merupakan prosedur mengkombinasikan sekumpulan rute untuk mendapatkan sekumpulan rute yang lebih baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode DRP dan metode penghematan lebih efisien bila dibandingkan dengan metode sebelumnya. Dengan metode DRP, pengurangan total biaya adalah sebesar 2,03 %, dan dengan metode penghematan total jarak menjadi 1ebih kecil dan penggunaan kendaraan menjadi lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.53 War p
Uncontrolled Keywords: DRP, Metode Penghernatan Clarke-Wright, Perencanaan dan Penjadwalan Distribusi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
T Technology > TS Manufactures > TS157.5 Production scheduling
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:29
Last Modified: 19 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59873

Actions (login required)

View Item View Item